PENDAMPINGAN EFEKTIFITAS SANTRI DALAM APLIKASI TAJWID MUYASSAR DALAM PROGRAM MADRASAH AL-QUR'AN DI PONDOK PESANTREN AL-AMANAH JOMBANG

Authors

  • Farhan Masrury Institut Agama Islam Bani Fattah Jombang, Indonesia
  • Ani Nur Afidah Institut Agama Islam Bani Fattah Jombang Indonesia
  • Sania Nur Khofifah Amini Institut Agama Islam Bani Fattah Jombang Indonesia
  • Dwi Amiliah Salsabila Institut Agama Islam Bani Fattah Jombang, Indonesia
  • Saudatul Ulya Institut Agama Islam Bani Fattah Jombang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52431/abdimasy.v1i1.890

Keywords:

pendampingan, tajwid, al-qur'an

Abstract

Abstrak

Pelaksanaan kegiatan pengabdian ini lebih memfokuskan pada pendampingan pembelajaran tajwid santri dalam buku tajwid muyassar. Dalam kegiatan ini diharapkan dapat membantu meningkatkan kualitas bacaan Al-Qur’an santri, dan dapat memberikan pendampingan pembelajaran yang baik bagi santri, baik dalam segi materi, diskusi, dan praktek. Dalam kegiatan kali ini, materi yang diajarkan meliputi berbagai pembelajaran tajwid, mulai dari ahkamul huruf, shifatul huruf, makharijul huruf, dan gharaib Al-Qur’an.

Mempelajari tajwid merupakan hal yang sangat penting bagi siapapun yang membaca Al-Qur’an, selain agar bacaannya benar, kesalahan makna juga pasti akan terhindar jika tajwid dipraktekkan dengan benar.

Dari kegiatan pengabdian ini dapat disimpulkan bahwa santri dalam Pondok Pesantren AlAmanah Bahrul Ulum khususnya dalam program madrasah Al-Qur’an dapat mengaplikasikan tajwid dalam bacaan Al-Qur’an dengan baik dan benar yang ditunjukkan dengan kemampuan santri dalam menyetorkan hafalan berbagai surah Al-Qur’an dan menyetorkan bacaan Al-Qur’an dengan baik dan benar.

 

Kata kunci: Pendampingan, Tajwid, Al-Qur’an.

 

Abstract

The implementation of this service activity focuses more on mentoring students' recitation of recitation in the muyassar tajwid book. In this activity, it is hoped that it can help improve the quality of reading the Koran for students, and can provide good learning assistance for students, both in terms of material, discussion, and practice. In this activity, the material taught includes a variety of tajwid lessons, ranging from ahkamul letters, shifatul letters, makharijul letters, and gharaib al-Qur'an.

Learning recitation is very important for anyone who reads the Qur'an, in addition to reading it correctly, meaning errors will also be avoided if recitation is practiced correctly. From this service activity, it can be concluded that students in the Al-Amanah Bahrul Ulum Islamic Boarding School, especially in the al-Qur'an madrasa program, can apply recitation in reading the Qur'an properly and correctly, which is indicated by the ability of students to memorize various surah al-Qur'an.-Qur'an and depositing the reading of the Qur'an properly and correctly.

Keywords: Mentoring, Tajweed, Al-Qur'an.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-06-01

How to Cite

Masrury, F., Afidah, A. N., Amini, S. N. K., Salsabila, D. A. ., & Ulya, S. (2022). PENDAMPINGAN EFEKTIFITAS SANTRI DALAM APLIKASI TAJWID MUYASSAR DALAM PROGRAM MADRASAH AL-QUR’AN DI PONDOK PESANTREN AL-AMANAH JOMBANG. ABDIMASY: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 32–39. https://doi.org/10.52431/abdimasy.v1i1.890

Issue

Section

Articles