PENDAMPINGAN EFEKTIFITAS SANTRI DALAM APLIKASI TAJWID MUYASSAR DALAM PROGRAM MADRASAH AL-QUR'AN DI PONDOK PESANTREN AL-AMANAH JOMBANG
DOI:
https://doi.org/10.52431/abdimasy.v1i1.890Keywords:
pendampingan, tajwid, al-qur'anAbstract
Abstrak
Pelaksanaan kegiatan pengabdian ini lebih memfokuskan pada pendampingan pembelajaran tajwid santri dalam buku tajwid muyassar. Dalam kegiatan ini diharapkan dapat membantu meningkatkan kualitas bacaan Al-Qur’an santri, dan dapat memberikan pendampingan pembelajaran yang baik bagi santri, baik dalam segi materi, diskusi, dan praktek. Dalam kegiatan kali ini, materi yang diajarkan meliputi berbagai pembelajaran tajwid, mulai dari ahkamul huruf, shifatul huruf, makharijul huruf, dan gharaib Al-Qur’an.
Mempelajari tajwid merupakan hal yang sangat penting bagi siapapun yang membaca Al-Qur’an, selain agar bacaannya benar, kesalahan makna juga pasti akan terhindar jika tajwid dipraktekkan dengan benar.
Dari kegiatan pengabdian ini dapat disimpulkan bahwa santri dalam Pondok Pesantren AlAmanah Bahrul Ulum khususnya dalam program madrasah Al-Qur’an dapat mengaplikasikan tajwid dalam bacaan Al-Qur’an dengan baik dan benar yang ditunjukkan dengan kemampuan santri dalam menyetorkan hafalan berbagai surah Al-Qur’an dan menyetorkan bacaan Al-Qur’an dengan baik dan benar.
Kata kunci: Pendampingan, Tajwid, Al-Qur’an.
Abstract
The implementation of this service activity focuses more on mentoring students' recitation of recitation in the muyassar tajwid book. In this activity, it is hoped that it can help improve the quality of reading the Koran for students, and can provide good learning assistance for students, both in terms of material, discussion, and practice. In this activity, the material taught includes a variety of tajwid lessons, ranging from ahkamul letters, shifatul letters, makharijul letters, and gharaib al-Qur'an.
Learning recitation is very important for anyone who reads the Qur'an, in addition to reading it correctly, meaning errors will also be avoided if recitation is practiced correctly. From this service activity, it can be concluded that students in the Al-Amanah Bahrul Ulum Islamic Boarding School, especially in the al-Qur'an madrasa program, can apply recitation in reading the Qur'an properly and correctly, which is indicated by the ability of students to memorize various surah al-Qur'an.-Qur'an and depositing the reading of the Qur'an properly and correctly.
Keywords: Mentoring, Tajweed, Al-Qur'an.