Pelatihan Bahasa dan Sastra Indonesia Para Guru Pondok Pesantren di Kecamatan Diwek, Jombang di Era Digital

Authors

  • Haris Supratno Universitas Negeri Surabaya
  • Resdianto Permata Raharjo Universitas Negeri Surabaya
  • Nadia Nur Thahirrah Universitas Negeri Surabaya
  • Aries Dwi Indriyanti Universitas Negeri Surabaya
  • Arisni Kholifatu A.S Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang

DOI:

https://doi.org/10.52431/abdimasy.v4i1.4029

Keywords:

Pelatihan, Bahasa Indonesia, Sastra Indonesia, Pondok Pesantren, Pembelajaran Inovatif

Abstract

Pondok pesantren sebagai lembaga pendidikan formal dan nonformal memiliki peran strategis dalam mencetak generasi bangsa yang berkarakter. Namun, pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di lingkungan pondok pesantren seringkali menghadapi kendala karena sebagian guru bukan lulusan sarjana pendidikan bahasa dan sastra Indonesia, sehingga kurang menguasai kaidah kebahasaan dan strategi pembelajaran yang inovatif. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam penguasaan Ejaan Bahasa Indonesia, penulisan kalimat baku berbasis digital, serta pengajaran bahasa dan sastra Indonesia yang kreatif dan inovatif. Metode pelaksanaan meliputi ceramah, diskusi, tanya jawab, praktik, pendampingan, dan evaluasi. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pemahaman dan keterampilan guru dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia yang ditandai dengan meningkatnya kemampuan menulis dan mengajar berbasis teknologi. Antusiasme peserta yang tinggi menunjukkan keberhasilan program, yang diharapkan berkelanjutan dalam mendukung peningkatan kualitas pendidikan di pondok pesantren.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-06-28

How to Cite

Supratno, H., Permata Raharjo, R. ., Thahirrah, N. N., Indriyanti, A. D., & Kholifatu A.S, A. (2025). Pelatihan Bahasa dan Sastra Indonesia Para Guru Pondok Pesantren di Kecamatan Diwek, Jombang di Era Digital. ABDIMASY: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 46–55. https://doi.org/10.52431/abdimasy.v4i1.4029

Issue

Section

Articles