Pengembangan Model Pembelajaran Bahasa Arab Pada Aspek Kemahiran Menulis dengan Pendekatan Kooperatif Jigsaw di SDI Ulul Albab Badas
DOI:
https://doi.org/10.52431/abdimasy.v3i1.2830Keywords:
Pengembangan, Pembelajaran, Pendekatan Kooperatif JigsawAbstract
Pembelajaran bahasa Arab di SDI baik keterampilan mendengarkan (Istima’), keterampilan berbicara (Kalam), keterampilan Qiroah dan keterampilan menulis (Kitabah) saat ini masih banyak berbasis struktural. Pengajaran masih terfokus pada Nahwu. Implikasinya, pembelajaran menjadi abstrak, monoton, kurang kontekstual, kurang menarik, kurang interaktif, dan kurang komunikatif. Langkah yang dapat diambil adalah pengajar harus dapat menampilkan pelajaran bahasa Arab dengan metode mutakhir yang efektif dan teknik pembelajaran yang menarik. Siswa dilibatkan dalam proses belajar mengajar di kelas sehingga mereka merasa senang dan nyaman dalam pembelajaran bahasa Arab. Hal ini dapat ditempuh dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif Jigsaw.
Tujuan penelitian adalah menghasilkan model perencanaan pembelajaran bahasa Arab pada aspek KITABAH dengan pendekatan kooperatif Jigsaw di SDI ULUL ALBAB model langkah-langkah pembelajaran, dan dokumentasi pembelajaran bahasa Arab pada aspek Kitabah dengan pendekatan kooperatif Jigsaw di SDI ULUL ALBAB dalam bentuk CD interaktif. Metode penelitian yang digunakan adalah model pengembangan (research and development) Borg dan Gall. Dari keseluruhan aspek dan kriteria penilaian terhadap produk pengembangan berupa model perencanaan pembelajaran menurut ahli pembelajaran bahasa Arab, didapat hasil persentase sebesar 90%. Hal ini dapat diartikan bahwa keseluruhan aspek dan kriteria yang dinilai oleh ahli pembelajaran bahasa Arab berada pada kriteria valid karena berada pada skala 76% - 100%. Berdasarkan kriteria kelayakan produk dapat disimpulkan bahwa produk hasil pengembangan tersebut layak/tidak revisi dan tidak dilakukan uji coba ulang.