Pendampingan Belajar Dan Sosiologis Anak Yatim Di Pondok Pesantren Al Mardliyah Bahrul Ulum Tambakberas Jombang

Authors

  • Moh. Sahhal Jauhari Institut Agama Islam Bani Fattah Jombang Indonesia
  • Friza Nur Izza Institut Agama Islam Bani Fattah Jombang Indonesia
  • Ahdiat Mahatir W Institut Agama Islam Bani Fattah Jombang Indonesia
  • Isye Faila Sufa Intan Farida Institut Agama Islam Bani Fattah Jombang Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52431/abdimasy.v2i1.926

Keywords:

pembinaan, anak yatim, program pendidikan

Abstract

Artikel ini membahas tentang pembinaan yang telah diberikan kepada anak yatim dalam bentuk program pendidikan di pondok pesantren al mardliyah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Lokasi penelitian bertempat di pondok pesantren al mardliyah. Program bimbingan belajar pondok pesantren al mardliyah ini mencari tempat di kawasan yang terbilang ada anak yatim. Berikut adalah rumusan permasalahan yang berguna untuk memudahkan pemaparan. Pertama, bagaimana implementasi program pesantren terhadap anak yatim. Kedua, bagaimana bentuk-bentuk pembinaan yang dilakukan pengurus pembimbing al mardliyah selama santri di dalam pondok pesantren. Subjek penelitian dilakukan dengan cara purposive. Sumber data penelitian ini diperoleh dari sumber data primer dan data sekunder. Instrumen pengumupulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumepntasi. Analisis data dalam penelitian ini sesuai dngan model Miles dan Huberman, yaitu: reduksi, data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan program pesantren dilaksanakan setiap hari. Bentuk-bentuk pembinaan yang dilakukan melalui belajar mandiri, dan akhlakul karimah.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-06-25

How to Cite

Jauhari, M. S., Izza, F. N., Mahatir W, A. ., & Farida, I. F. S. I. (2023). Pendampingan Belajar Dan Sosiologis Anak Yatim Di Pondok Pesantren Al Mardliyah Bahrul Ulum Tambakberas Jombang. ABDIMASY: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 38–44. https://doi.org/10.52431/abdimasy.v2i1.926

Issue

Section

Articles