MENYULAM KEAHLIAN BAHASA ARAB : Pendampingan Pembelajaran Shorof bagi Siswa Kelas Tiga MI di Desa Sambong Dukuh Jombang

Authors

  • Bashirotul Hidayah institut agama islam bani fattah
  • Abd. Holik Institut Agama Islam Bani Fattah Jombang
  • Salim Ashar Institut Agama Islam Bani Fattah Jombang
  • Muhammad Asrori Ma’sum Institut Agama Islam Bani Fattah Jombang

DOI:

https://doi.org/10.52431/abdimasy.v2i1.2043

Keywords:

Bahasa Arab, Pembelajaran Shorof bagi Siswa Kelas Tiga , Desa Sambongdukuh Jombang

Abstract

Pendampingan belajar terhadap masyarakat kelas 3 MI di desa Sambong Dukuh dalam menghadapi masalah minimnya pengetahuan masyarakat terhadap pelajaran ilmu shorof dirasa sangat penting, karena banyaknya siswa kurang memahami dasar ilmu shorof serta kurangnya waktu pembelajaran. Solusi yang diberikan berupa pendampingan pembelajaran masyarakat khususnya siswa kelas tiga MI di Desa Sambong Dukuh Jombang, Jadi siswa tidak hanya mendapat pembelajaran ilmu shorof disekolah, melainkan siswa dapat belajar diluar jam pembelajaran sekolah, pendampingan belajar ini bertujuan untuk menguatkan pengetahuan ilmu shorof dan mengatasi permasalahan siswa yang kurang memahiminya. Metode yang digunakan adalah metode participan action research, dimana pendamping turut berpartisipasi atau terlibat diantara warga masyarakat yang dijadikan sebagai sumber data baik secara suka maupun duka, sedangkan metode yang digunakan saat pengajaran berlangsung menggunakan metode ceramah, pratik dan tanya jawab. Materi yang diajarkan pada pendampingan beajar ini adalah materi dasar ilmu shorof seperti mengenal pengertian, pembangian secara global melalui bentuk tulisan dan pendampingan secara intensif sehingga siswa dapat memahamminya, Adanya kegiatan in diharapkan dapat menyelesaikan permasalahan yang dihadapi oleh guru pengajar shorof kelas tiga MI di desa sambong Dukuh. Terlaksananya pendampingan belajar ini dapat memberi dampak positif terbukti dari siswa di dalam kelas sangat antusias dan aktif berinteraksi dengan pendidik saat pembelajaran, seperti membaca lafadz arab (Tashrifan) dengan lagu atau syairan Selain itu juga, pembelajaran tersebut dapat meningkatkan pemahaman siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-06-05

How to Cite

Hidayah, B., Holik, A., Ashar, S., & Ma’sum, M. A. (2023). MENYULAM KEAHLIAN BAHASA ARAB : Pendampingan Pembelajaran Shorof bagi Siswa Kelas Tiga MI di Desa Sambong Dukuh Jombang. ABDIMASY: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 28–37. https://doi.org/10.52431/abdimasy.v2i1.2043

Issue

Section

Articles