Pendampingan Penguasaan Mufrodat Melalui Permainan Edukatif “Tebak Makna” Di MTsN 1 Kota Palangka Raya
DOI:
https://doi.org/10.52431/abdimasy.v3i2.3174Keywords:
Mufrodat, permainan edukatif, tebak maknaAbstract
Bagi siswa, penguasaan kosa kata bahasa Arab merupakan hal yang sangat penting, terutama bagi mereka yang mempelajari bahasa ini dalam konteks pendidikan formal. Keterbatasan kosa kata dapat menghambat pemahaman konteks kalimat bahasa Arab. Oleh karena itu, diperlukan media pembelajaran yang menarik, mudah dipahami, dan mudah digunakan oleh siswa untuk mendukung proses belajar. Penggunaan alat atau media seperti audio-visual, proyektor, film, permainan, dan lainnya dapat membuat pembelajaran lebih dinamis dan membantu mencapai tujuan yang diinginkan. Penguasaan kosa kata bahasa Arab akan menjadi lebih efektif jika didukung oleh media pembelajaran yang berkualitas. Dalam pendampingan di MTsN 1 Kota Palangka Raya, metode Participatory Action Research (PAR) diterapkan secara partisipatif. Hasilnya menunjukkan bahwa penggunaan permainan edukatif berupa tebak makna berhasil meningkatkan kemampuan siswa dalam menguasai kosa kata bahasa Arab di sekolah tersebut.