PENDAMPINGAN MENGHAFAL MUFRODAT BAHASA ARAB BAGI SANTRI TINGKAT TSANAWIYAH DI PP. AL-AMANAH 2 BAHRUL ULUM
DOI:
https://doi.org/10.52431/abdimasy.v1i2.931Keywords:
Mufrodat bahasa Arab, pengabdian kepada masyarakat, Pondok Al Amanah Bahrul Ulum JombangAbstract
Pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat adalah bentuk implementasi tridharma perguruan tinggi. Kegiatan ini difokuskan untuk masyarakat sekitar karena masih masa pandemi, Lembaga yang tereltak di lingkungan pondok pesantren kiranya melaksanakan PKM di pondok sebagai bentuk aktualisasi diri. Dengan adanya kegiatan pengabdian masyarakat diharapkan dapat memberikan hasil yang baik bagi masyarakat khususnya santri PP. Al-Amanah 2 Bahrul Ulum. Sasaran kami dalam pelaksanaan kegiatan ini adalah santri tingkat tsanawiyah yang pada dasarnya membutuhkan banyak mufrodat sebagai media mereka untuk belajar bahasa Arab. Permasalahan pertama yang kami hadapi adalah belum adanya kegiatan menghafal mufrodat di PP. Al-Amanah 2 Bahrul Ulum, oleh karena itu langkah awal kami adalah membuat buku saku yang berisi beberapa mufrodat yang sering mereka jumpai di lingkungan pondok. Metode dalam pelaksanaan kegiatan ini adalah menghafal, sehingga ketika mereka menjumpai barang atau sesuatu yang ada disekitarnya mereka bisa menyebutkannya dalam bahasa Arab. Kegiatan ini bertujuan untuk melihat seberapa mereka kuat dalam menghafalkan mufrodat yang telah diberikan. Kegiatan ini dilakukan dengan mendampingi santri yang menjadi sasaran PKm untuk menghafal beberapa mufrodat setiap harinya. Melalui observasi kami penerapan pembelajaran ini para santri sangat antusias aktif dalam menghafal mufrodat yang kami berikan, selain itu pembelajaran ini dapat meningkatkan penguasaan mufrodat mereka.