PENDAMPINGAN PENERJEMAHAN KITAB SAFINATUN NAJA BAGI SISWI PRA TAMATAN DI PONDOK PESANTREN AN-NAJAH DENANYAR JOMBANG
DOI:
https://doi.org/10.52431/abdimasy.v1i2.917Keywords:
Kitab Safinatun Naja, AN-NAJAH DENANYAR JOMBANG, PENDAMPINGAN PENERJEMAHANAbstract
Pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat diharapkan dapat memberikan hasil yang terbaik untuk masyarakat, santri Pondok Pesantren An-Najah, sasaran yang dikenai program. Permasalahan yang muncul adalah penerjemahan santri Pra Tamatan yang tekadang tidak sesuai kaidah bahasa Arab karena kurangnya ketlatenan para siswi dalam penerjemahan kitab. Metode pendekatan yang dipakai dalam pelaksanaan pengabdian ini meliputi membaca naskah atau kitab materi, belajar menerjemah sesuai kaidah bahasa Arab. Kedua proses ini dalam pembelajaran menerjemah dilaksanakan pada awal kegiatan pembelajaran. Materi yang digunakan pada kegiatan ini adalah kitab fikih klasik yang masyhur dengan sebutan kitab Safinatun Naja melalui bentuk teks dan pendampingan secara efektif sampai pelajar dapat menerjemah kitab Safinatun Naja denagn benar dan sesuai kaidah bahasa Arab. Melalui kegiatan pembelajaran ini diharapkan dapat menyelesaikan permasalahan yang dihadapi oleh siswi Pra Tamatan. Kegiatan ini bertujuan untuk melihat kemampuan siswi dalam menerjemah kitab. Kegiatan ini dilakukan dengan mendampingi siswi dalam menerjemah kitab fikih secara mandiri. Melalui kegiatan observasi, para santri sangat antusias. Selain itu pembelajaran juga sesuai dengan target yang diharapkan. Penerapan pembelajaran ini menunjukkan bahwa para santri tekun dalam belajar menerjemah. Selain itu, pembelajaran tersebut dapat meningkatkah hasil menerjemah kitab klasik.