Manajemen Perpustakaan Melalui Program Literasi Terhadap Minat Baca Peserta Didik (Di SMP Negeri 2 Ngoro Tahun Pelajaran 2023/2024)
DOI:
https://doi.org/10.52431/manajeria.v3i02.3547Keywords:
Manajemen Perpustakaan, Literasi, Minat BacaAbstract
Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh manajemen perpustakaan melalui literasi terhadap minat baca peserta didik di SMP Negeri 2 Ngoro. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah kuesioner yang disebarkan dengan subyek penelitian kelas VII SMP Negeri 2 Ngoro untuk mendapatkan data tentang manajemen bimbingan perpustakaan dan minat baca peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa manajemen perpustakaan melalui literasi mempunyai pengaruh yang sangat kuat dalam pengembangan atau peningkatan minat baca peserta didik di SMP Negeri 2 Ngoro. Pengumpulan data penulis menggunakan metode kuesioner dan analisis data yang berupa product moment. Adapun total nilai pencapaian nilai hasil analisa data menunjukkan bahwa nilai korelasi rxy yang diperoleh antara variabel X dan variabel Y dengan jumlah responden 35 peserta didik adalah 0,884. Dengan tabel r product moment untuk jumlah taraf signifikansi 1% adalah 0,442. maka nilai hasil perhitungan r hitung (rxy) > r tabel. Sehingga dari hasil pengujian hipotesis di atas menunjukkan bahwa r hitung > r tabel yang berarti Ho ditolak dan Hi diterima. Artinya ada pengaruh manajemen perpustakaan melalui literasi terhadap minat baca peserta didik di SMP Negeri 2 Ngoro.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Syaiful Alim, Sutrisno Sutrisno

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Manajeria have CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.