Manajemen Kurikulum untuk Meningkatkan Efektivitas Penerapan Metode Pembelajaran di MMU B-59 Ranting PP. Sidogiri
Keywords:
Manajemen Kurikulum, Efektivitas Metode PembelajaranAbstract
ABSTRAK
Manajemen kurikulum yang efektif menjadi salah satu faktor kunci dalam mencapai tujuan pendidikan yang diharapkan, yaitu menghasilkan siswa yang berkompeten dan mampu bersaing di era globalisasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran manajemen kurikulum dalam meningkatkan efektivitas penerapan metode pembelajaran di Madrasah Miftahul Ulum Ranting PP. Sidogiri (B-59) Ampel Wuluhan Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus di Madrasah Miftahul Ulum. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen kurikulum yang baik mampu meningkatkan efektivitas penerapan metode pembelajaran melalui perencanaan kurikulum yang sistematis, pelaksanaan yang terstruktur, dan evaluasi yang berkelanjutan. Selain itu, kolaborasi antara guru, kepala madrasah, dan pihak terkait lainnya juga berperan penting dalam keberhasilan manajemen kurikulum. Dengan demikian, penelitian ini menyimpulkan bahwa manajemen kurikulum yang efektif dapat menjadi strategi yang ampuh untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan efektivitas penerapan metode pembelajaran di Madrasah Miftahul Ulum Ranting PP. Sidogiri (B-59).
Kata Kunci: Manajemen Kurikulum, Efektivitas Metode Pembelajaran
ABSTRACT
Effective curriculum management is a key factor in achieving the desired educational goals, namely producing competent students who can compete in the era of globalization. This study aims to analyze the role of curriculum management in enhancing the effectiveness of teaching methods at Madrasah Miftahul Ulum Ranting PP. Sidogiri (B-59) Ampel Wuluhan Jember. This research uses a qualitative approach with a case study method at Madrasah Miftahul Ulum. Data were collected through in-depth interviews, observations, and document analysis. The results showed that good curriculum management can improve the effectiveness of teaching methods through systematic curriculum planning, structured implementation, and continuous evaluation. Furthermore, collaboration between teachers, the head of the madrasah, and other related parties also plays an important role in the success of curriculum management. Thus, this study concludes that effective curriculum management can be a powerful strategy to improve the quality of education and the effectiveness of teaching methods at Madrasah Miftahul Ulum Ranting PP. Sidogiri (B-59).
Keyword: Curriculum Management, Effectiveness of Teaching Methods
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Achmad Saifullah, Zafa Zahirol Fasya

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Manajeria have CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.