Manajemen Kurikulum untuk Meningkatkan Efektivitas Penerapan Metode Pembelajaran di MMU B-59 Ranting PP. Sidogiri

Authors

  • Achmad Saifullah Institut Agama Islam Bani Fattah
  • Zafa Zahirol Fasya IAIBAFA

Keywords:

Manajemen Kurikulum, Efektivitas Metode Pembelajaran

Abstract

ABSTRAK

Manajemen kurikulum yang efektif menjadi salah satu faktor kunci dalam mencapai tujuan pendidikan yang diharapkan, yaitu menghasilkan siswa yang berkompeten dan mampu bersaing di era globalisasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran manajemen kurikulum dalam meningkatkan efektivitas penerapan metode pembelajaran di Madrasah Miftahul Ulum Ranting PP. Sidogiri (B-59) Ampel Wuluhan Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus di Madrasah Miftahul Ulum. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen kurikulum yang baik mampu meningkatkan efektivitas penerapan metode pembelajaran melalui perencanaan kurikulum yang sistematis, pelaksanaan yang terstruktur, dan evaluasi yang berkelanjutan. Selain itu, kolaborasi antara guru, kepala madrasah, dan pihak terkait lainnya juga berperan penting dalam keberhasilan manajemen kurikulum. Dengan demikian, penelitian ini menyimpulkan bahwa manajemen kurikulum yang efektif dapat menjadi strategi yang ampuh untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan efektivitas penerapan metode pembelajaran di Madrasah Miftahul Ulum Ranting PP. Sidogiri (B-59).

Kata Kunci: Manajemen Kurikulum, Efektivitas Metode Pembelajaran

 

ABSTRACT

Effective curriculum management is a key factor in achieving the desired educational goals, namely producing competent students who can compete in the era of globalization. This study aims to analyze the role of curriculum management in enhancing the effectiveness of teaching methods at Madrasah Miftahul Ulum Ranting PP. Sidogiri (B-59) Ampel Wuluhan Jember. This research uses a qualitative approach with a case study method at Madrasah Miftahul Ulum. Data were collected through in-depth interviews, observations, and document analysis. The results showed that good curriculum management can improve the effectiveness of teaching methods through systematic curriculum planning, structured implementation, and continuous evaluation. Furthermore, collaboration between teachers, the head of the madrasah, and other related parties also plays an important role in the success of curriculum management. Thus, this study concludes that effective curriculum management can be a powerful strategy to improve the quality of education and the effectiveness of teaching methods at Madrasah Miftahul Ulum Ranting PP. Sidogiri (B-59).

Keyword: Curriculum Management, Effectiveness of Teaching Methods

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-06-23

How to Cite

Saifullah, A. ., & Zahirol Fasya, Z. (2025). Manajemen Kurikulum untuk Meningkatkan Efektivitas Penerapan Metode Pembelajaran di MMU B-59 Ranting PP. Sidogiri. Manajeria: Jurnal Ilmu Manajemen Pendidikan, 4(01), 67–77. Retrieved from https://jurnal.iaibafa.ac.id/index.php/Manajeria/article/view/3470

Issue

Section

Articles