Kepemimpinan Kharismatik Kyai Dalam Peningkatan Mutu Dan Kualitas Guru Di Madrasah Aliyah Fattah Hasyim Jombang
Abstract
ABSTRAK
Dalam lembaga pendidikan, terdapat diferensiasi antara Kepemimpinan formal dan non formal, akademis dan non akademis, kepemimpinan umum dan pesantren. Namun ditemukan lembaga yang mengkolaborasikan dua hal tersebut, yakni Madrasah yang dipimpin oleh soosk kyai. Tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengetahui bagaimana kepemimpinan kyai sebagai kepala madrasah dalam meningkatkan kualitas guru di MA Fattah Hasyim Tambakberas Jombang. Jenis penelitian ini yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Adapun teknik dalam pengumpulan data yang dipakai ialah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, verivikasi data. Hasil penelitian yang telah dilakukan di MA Fattah Hasyim menunjukkan bahwa kepemimpinan kyai menampakkan cara memimpin dengan : kharismatik, menggerakkan, mempengaruhui, dan mengarahkan, dan untuk kepala madrasah menjalankan tugasnya dengan menjadi : pendidik, supervisor, inovator, manajer, dan administrator. Dari sistem kepemimpinan tersebut mampu meningkatkan kualitas guru yang memiliki skil yang berbeda-beda, dengan melihat hasilnya melalui peserta didik ketika para guru melakukan kegiatan belajar mengajar.
Kata kunci : Kepemimpinan kyai, kepala madrasah, kualitas guru.
ABSTRACT
In educational institutions, there is a differentiation between formal and non-formal, academic and non-academic leadership, general leadership and Islamic boarding schools. However, an institution was found that collaborated on these two things, namely a Madrasah led by Soosk Kyai. The purpose of this writing is to find out how the leadership of kyai as madrasa heads improves the quality of teachers at MA Fattah Hasyim Tambakberas Jombang. The type of research used is descriptive qualitative research. The data collection techniques used are interviews, observation and documentation. Meanwhile, the data analysis used is data reduction, data presentation, data verification. The results of research conducted at MA Fattah Hasyim show that kyai leadership shows how to lead by: charismatic, mobilizing, influencing, and directing, and for madrasa heads to carry out their duties by being: educators, supervisors, innovators, managers, and administrators. This leadership system is able to improve the quality of teachers who have different skills, by seeing the results through students when teachers carry out teaching and learning activities.
Keywords: Kyai leadership, madrasa head, teacher quality.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Asrori Mahsum, Setyorini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Manajeria have CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.