Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di Madrasah Hidayatul Muhibbin
Keywords:
Kata Kunci: Kepemimpinan, Kepala Madrasah, Kinerja Guru.Abstract
ABSTRAK
Dalam suatu lembaga pendidikan keberadaan kepala madrasah adalah suatu aspek penting, selain tenaga pendidik, tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, dan lain – lain. Kepala madrasah harus mampu mempengaruhi orang lain dan lingkungan sekitarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di Madrasah Hidayatul Muhibbin Tambakberas jombang. Adapun metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, yaitu informasi berupa huruf bukan angka. Adapun informan dalam penelitian ini adalah Kepala Madrasah, Tenaga Pendidik, dan Tenaga Kependidikan. Kunci informan pada penelitian ini adalah Kepala Madrasah karena setiap hari terlibat secara langsung dengan kegiatan tenaga pendidik dalam proses pembelajaran di Madrasah Hidayatul Muhibbin Tambakberas jombang. Teknik pengumpulan data ialah menggunakan teknik wawancara atau interview, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Data dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kinerja Guru sudah baik, karena dari 7 indikator sudah terlaksana dengan baik yaitu, pemberian motivasi, pembinaan kedisiplinan, kegiatan kunjungan kelas, pemberian konsultasi, sikap dan perilaku teladan, dan meningkatkan profesionalisme tenaga pendidik. Sedangkan untuk kinerja guru sudah baik pula, karena dilihat dari 3 indikator sudah terlaksana dengan baik yaitu, kemampuan menyusun rencana pembelajaran, kemampuan melaksanakan pembelajaran, dan kemampuan melaksanakan penilaian hasil pembelajaran. Dengan demikian bahwa Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kinerja Guru sangat berperan penting terhadap kemajuan kualitas pembelajaran sehingga dapat mendorong mutu pendidikan terhadap kemajuan kualitas pembelajaran sehingga dapat mendorong mutu pendidikan dimana kinerja para tenaga pendidik merupakan kunci keberhasilan dalam dunia pendidikan.
ABSTRACT
In an educational institution, the presence of a madrasa head is an important aspect, apart from teaching staff, educational staff, facilities and infrastructure, etc. The madrasa head must be able to influence other people and the surrounding environment. This research aims to find out how the leadership of the madrasah head improves teacher performance at madrasah hidayatul muhibbin tambakberas, jombang. This research method uses a descriptive qualitative method, namely information in the form of letters, not numbers. The informants in this research were madrasah heads, educators, and education personnel. The key informant in this research is the madrasah head because every day he is directly involved with the activities of teaching staff in the learning process at madrasah hidayatul muhibbin tambakberas, jombang. The data collection technique is to use interviews, observation and documentation techniques. Test the validity of the data using source triangulation and technical triangulation. Data were analyzed by data reduction, data presentation, and data conclusions. The results of the research show that the leadership of madrasah heads in improving teacher performance is good, because the 7 indicators have been implemented well, namely, providing motivation, fostering discipline, class visits, providing consultations, exemplary attitudes and behavior, and increasing the professionalism of teaching staff. Meanwhile, teacher performance is also good, because it can be seen from 3 indicators that it has been implemented well, namely, the ability to prepare learning plans, the ability to carry out learning, and the ability to carry out assessment of learning outcomes. Thus, the leadership of the madrasah head in improving teacher performance plays a very important role in the progress of the quality of learning so that it can encourage the quality of education to progress in the quality of learning so that it can encourage the quality of education where the performance of teaching staff is the key to success in the world of education.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rifky Rosian An Nur , M. Ainul Yaqien
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Manajeria have CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.