Strategi Promosi dan Distribusi dalam Meningkatkan Penjualan Pada CV. Zahra Advertising Madiun

Authors

  • Siti Sadatur Romdiyah Institut Agama Islam Bani Fattah Jombang Indonesia
  • Munif Efendi Institut Agama Islam Bani Fattah Jombang Indonesia

Keywords:

Strategi Promosi, Distribusi, Peningkatan Penjualan

Abstract

Strategi pemasaran yang tepat sangat menentukan keberhasilan penjualan sebuah perusahaan. Namun sebaliknya, apabila strategi yang digunakan tidak tepat maka akan penjualan perusahaan tidak stabil atau bahkan menurun. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan strategi promosi dan distribusi yang diterapkan oleh CV. Zahra Advertising sebagai upaya meningkatkan penjualan. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dengan direktur, pegawai, dan konsumen CV. Zahra Advertising. Selain itu juga melalui analisis dokumen terkait promosi dan distribusi, serta observasi langsung di lokasi penelitian.

Hasil analisis menunjukkan bahwa CV. Zahra Advertising telah menerapkan berbagai strategi promosi, termasuk dengan personal selling melalui jemput bola ke konsumen, memperbanyak relasi, melalui E-Katalog Lokal Kabupaten Madiun, pengikatan customer dan juga publisitas terhadap citra perusahaan. Selain itu, strategi distribusinya menggunakan saluran zero level channel dengan berkontribusi langsung memberikan pelayanan dan kualitas terbaik kepada konsumen, sehingga konsumen merasa puas. Penjualan yang dilakukan CV. Zahra Advertising juga mengedepankan pemenuhan terhadap segala kebutuhan yang diinginkan konsumen dengan kualitas dan pelayanannya yang unggul. Strategi promosi dan distribusi yang diterapkan CV. Zahra Advertising ini cukup efektif dan dapat meningkatkan penjualannya. Temuan ini memberikan kontribusi terhadap pemahaman tentang penerapan strategi promosi dan distribusi dalam meningkatkan penjualan pada industri percetakan periklanan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-07-26

Issue

Section

Articles