Strategi Pelayanan Prima Untuk Meningkatkan Loyalitas Nasabah Terhadap Produk

studi kasus KSP Modern Cabang Tegaldlimo Kab. Banyuwangi

Authors

  • Munif Efendi Institut Agama Islam Bani Fattah Jombang
  • Sela Zakiyatul Maula Institut Agama Islam Bani Fattah Jombang

Keywords:

Pelayanan Prima, Loyalitas Nasabah, KSP Modern cabang Tegaldlimo

Abstract

Lembaga keuangan seperti koperasi simpan pinjam menyediakan jasa simpanan dan menyalurkan berbagai bentuk pinjaman untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat. Penelitian ini mendeskripsikan strategi pelayanan prima dalam meningkatkan loyalitas nasabah terhadap produk di KSP Modern cabang Tegaldlimo, Banyuwangi. Strategi yang diterapkan meliputi pendekatan langsung ke nasabah melalui kunjungan ke rumah dan pengenalan produk KSP Modern. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pelayanan prima dalam meningkatkan loyalitas nasabah di KSP Modern cabang Tegaldlimo, Banyuwangi, serta dampak dari strategi tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan data primer dan sekunder. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Fokus penelitian adalah strategi pelayanan prima untuk meningkatkan loyalitas nasabah di KSP Modern cabang Tegaldlimo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pelayanan prima di KSP Modern sudah memenuhi standar kualitas yang maksimal. Pelayanan yang baik berdampak positif pada KSP Modern, mempengaruhi kepuasan dan kepercayaan nasabah. Untuk meningkatkan loyalitas nasabah, KSP Modern cabang Tegaldlimo mengandalkan konsep pelayanan prima 6A, yang meliputi sikap, penampilan, tindakan, kemampuan, perhatian, dan tanggung jawab.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-07-21

Issue

Section

Articles