ARABIA: Jurnal Ilmu Bahasa Arab https://jurnal.iaibafa.ac.id/index.php/Arabia <p>Arabia: Jurnal Ilmu Bahasa Arab diterbitkan dua kali setahun sejak 2023 (Januari dan Juli), adalah jurnal multibahasa (Indonesia, Arab, dan Inggris), peer-review, dan berspesialisasi dalam Pendidikan Bahasa Arab dan Studi Bahasa Arab. Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Pendidikan dan keguruan IAIBAFA.</p> <p>Editor menyambut para sarjana, peneliti dan praktisi Pendidikan Bahasa Arab di seluruh dunia untuk mengirimkan artikel ilmiah untuk dipublikasikan melalui jurnal ini. Semua artikel akan direview oleh para ahli sebelum diterima untuk dipublikasikan. Setiap penulis bertanggung jawab penuh atas isi artikel yang diterbitkan.</p> en-US jurnalarabia@gmail.com (Arabia: Jurnal Ilmu Bahasa Arab) oktaviaratnaningtyas@iaibafa.ac.id (Oktavia Ratnaningtyas) Tue, 30 Apr 2024 00:00:00 +0700 OJS 3.2.1.2 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Efektivitas Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab dengan Media Gambar di Madrasah Diniyah Awaliyah : Studi Kasus di Al- Idrisiyah Megaluh https://jurnal.iaibafa.ac.id/index.php/Arabia/article/view/3217 <div class="page" title="Page 1"> <div class="layoutArea"> <div class="column"> <p>ABSTRAK</p> <p>The Effectiveness of Arabic Language Learning Using Picture Media in Developing Vocabulary at the Awwaliyah/Ula Level Case Study at Madrasah Diniyah Al-Idrisiyah Megaluh Jombang. This study aims to determine the effectiveness of Arabic language learning using picture media in developing vocabulary at the awwaliyah/ula level at Madrasah Diniyah Al-Idrisiyah Megaluh Jombang. The research method used is quantitative with a pretest-posttest group design. The subjects of the study were 30 students of the awwaliyah/ulama class who were divided into two groups, namely the experimental group and the control group. The experimental group was given Arabic language learning using picture media, while the control group was given Arabic language learning without picture media. The results of the study showed that Arabic language learning using picture media was more effective in developing vocabulary at the awwaliyah/ula level compared to Arabic language learning without picture media. This is evidenced by the results of the vocabulary test which showed that the average score of the experimental group was higher than the average score of the control group. This study concludes that Arabic language learning using picture media can be an effective learning alternative to develop vocabulary at the Awwaliyah/ula level.</p> <p>Keywords: Arabic, picture media, vocabulary, madrasah diniyah awwaliyah/ula.</p> </div> </div> </div> Abdullah Asyiq Copyright (c) 2024 ARABIA: Jurnal Ilmu Bahasa Arab https://jurnal.iaibafa.ac.id/index.php/Arabia/article/view/3217 Tue, 03 Dec 2024 00:00:00 +0700 Media Pembelajaran “Film” Berbasis ICT Dalam Pembelajaran Istima’ Dan Kitabah Kelas VII Mts Hidayatul Ummah Balongpanggang https://jurnal.iaibafa.ac.id/index.php/Arabia/article/view/3035 <p><strong>ABSTRAK</strong></p> <p>Bahasa Arab merupakan bahasa yang masih kurang diminati oleh para siswa jika dibandingkan dengan Bahasa Inggris. Hal ini karena banyak yang menganggapnya sebagai ilmu yang rumit dan sulit untuk dipelajari. Supaya dapat mempelajari Bahasa arab lebih mudah, maka perlu menggunakan metode dan media yang vafiatif yang terintegrasi dengan teknologi. Hal ini karena perkembangan teknologi yang semakin pesat di era globalisasi saat ini dan memiliki dampak terhadap dunia pendidikan secara signifikan. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan: penerapan media film dengan bantuan alat teknologi informasi dan komunikasi dan latar belakang pemilihannya dalam pembelajaran keterampilan istima’ dan kitabah serta faktor pendukung dan penghambat dalam penerapannya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Penelitian ini dilakukan di MTs Hidayatul Ummah Balongpanggang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Penggunaan media film dalam pembelajaran istima’ berbasis ICT yang dilakukan oleh guru pada siswa kelas 7 MTs Hidayatul Ummah Balongpanggang sudah sangat baik. Dan hasilnya untuk keterampilan menyimak sendiri adalah siswa paham yang diajarkan oleh guru dan keaktifan siswa yang meningkat. 2) Penggunaan media film dalam pembelajaran kitabah berbasis ICT yang dilakukan oleh guru pada siswa kelas 7 MTs Hidayatul Ummah Balongpanggang sudah sangat baik. Dan hasilnya untuk keterampilan menulis adalah guru mengadakan ujian harian yang dilaksanakan 2 kali dalam 1 semester 3) Faktor-faktor yang menjadi pendukung dalam penggunaan media film dalam pembelajaran istima’ dan kitabah berbasis ICT siswa kelas 7 MTs Hidayatul Ummah Balongpanggang adalah tersedianya fasilitas untuk menggunakan media audio-visual film sebagai media pembelajaran. Sedangkan faktor yang menjadi penghambat adalah tidak semua materi bisa disajikan dalam bentuk media.</p> <p><strong>Kata Kunci</strong>: Media Film Berbasis ICT, Istima’, Kitabah.</p> <p> </p> <p><strong><em>ABSTRACT</em></strong><em>Arabic is a language that is still less popular with students when compared to English. This is because many consider it a complicated science and difficult to learn. In order to learn Arabic more easily, it is necessary to use various methods and media that are integrated with technology. This is because technological developments are increasingly rapid in the current era of globalization and have a significant impact on the world of education.</em><em>This study used qualitative research methods. This research was conducted at MTs Hidayatul Ummah Balongpanggang. Data collection was carried out using interviews, observation and documentation methods. The results obtained in this research show that: 1) The use of film media in ICT-based istima' learning carried out by teachers for grade 7 students at MTs Hidayatul Ummah Balongpanggang is very good. And the result for their own listening skills is that students understand what is taught by the teacher and student activity increases. 2) The use of film media in ICT-based scripture learning carried out by teachers for grade 7 students at MTs Hidayatul Ummah Balongpanggang is very good. And the result for writing skills is that the teacher holds daily exams which are carried out twice in 1 semester. 3) Factors that support the use of film media in ICT-based istima' and scripture learning for grade 7 students at MTs Hidayatul Ummah Balongpanggang are the availability of facilities to use the media. audio-visual film as a learning medium. Meanwhile, the inhibiting factor is that not all material can be presented in media form.</em><strong><em>Keywords:</em></strong><em> ICT-Based Film Media, Istima', Kitabah.</em></p> Muhammad Zakki Masykur, Ahmad Khoirur Roziqi, Ahmad Riza Husain Hamzah Copyright (c) 2024 ARABIA: Jurnal Ilmu Bahasa Arab https://jurnal.iaibafa.ac.id/index.php/Arabia/article/view/3035 Tue, 03 Dec 2024 00:00:00 +0700 Semantik Zaman Klasik dan Zaman Modern https://jurnal.iaibafa.ac.id/index.php/Arabia/article/view/2841 <p><strong>ABSTRAK</strong></p> <p>Semantik atau dengan Bahasa lain disebut ilmu <em>dalalah</em> adalah bidang ilmu yang mengkaji makna. Oleh karena itu, perlu kiranya kita memahami konsep semantik agar kita dapat memahami batasan arti dan ciri dari ilmu tersebut. Ilmu ini terkategori sebagai ilmu yang tua, yang telah dibahas sejak zaman Aristoteles. Untuk itu Peneliti ingin mengungkapkan terkait semantic zaman klasik dan modern. Dalam Penelitian ini, penulis menggunakan jenis penelitian kepustakaan (library research) yaitu serangkaian kegiatan yang berkenaan dengan metode pengumpulan data pustaka. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ilmu Dalalah mengalami sejarah yang Panjang dan merupakan hasil kerja keras dari para ulama dan ilmuwan terdahulu. Ilmu Dalalah atau ilmu makna mulai dibahas sejak zaman Aristoteles, Ketika itu pembahasan seputar makna masih dihubungkan dengan benda-benda disekitarnya dan disatukan dengan pembahasan filsafat. Era selanjutnya makna dibahas sejak kemunculan agama Islam, terutama setelah turunnya Al-Qur’an dan setelah agama Islam berkembang pesat. Dimulai oleh Abu aswad ad-duali yang mengetahui bahwa telah terjadi lahn (kesalahan berbahasa) didalam Bahasa. Pada abad ke-19 ilmu Dalalah mengalami kemapanan ilmu yaitu ditandai dengan munculnya tokoh linguistik yaitu Ferdinand De Saussure, Noam Chomsky, dan Bloomfield. Tokoh-tokoh tersebut melahirkan teori-teori ilmu semantik hingga terkenal dan digunakan di abad modern saat ini..</p> <p><strong>Kata Kunci</strong>: Semantik, Zaman Klasik, dan Zaman Modern</p> <p><strong> </strong></p> <p><strong><em>ABSTRACT</em></strong></p> <p><em>Semantics or in other words called dalalahl science is a field of science that studies meaning. Therefore, it is necessary for us to understand the concept of semantics so that we can understand the meaning and characteristics of this science. This science is categorized as an old science, which has been discussed since the time of Aristotle. For this reason, researchers want to reveal the semantics of classical and modern times. In this research, the author uses a type of library research, namely a series of activities related to library data collection methods. The results of this research show that Dalalah science has a long history and is the result of the hard work of previous scholars and scientists. The science of Dalalah or the science of meaning began to be discussed since the time of Aristotle. At that time, discussions about meaning were still connected to the objects around them and combined with discussions of philosophy. In the next era, meaning was discussed since the emergence of Islam, especially after the revelation of the Koran and after Islam developed rapidly. It was started by Abu Aswad ad-duali who knew that there had been a lahn (language error) in the language. In the 19th century, Dalal science experienced scientific development, which was marked by the emergence of linguistic figures, namely Ferdinand De Saussure, Noam Chomsky, and Bloomfield. These figures gave birth to semantic theories that have become famous and are used in the modern era.</em></p> <p><strong><em>Keywords</em></strong><em>: Semantics, Classical Era, and Modern Era</em></p> Muhammad Hasbi Hidayatullah, Muhammad Zakki Copyright (c) 2024 ARABIA: Jurnal Ilmu Bahasa Arab https://jurnal.iaibafa.ac.id/index.php/Arabia/article/view/2841 Tue, 03 Dec 2024 00:00:00 +0700 Pengaruh Metode Muhadatsah Terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Arab https://jurnal.iaibafa.ac.id/index.php/Arabia/article/view/3060 <p><strong>ABSTRAK</strong></p> <p>Pembelajaran bahasa adalah mengembangkan dan mencerna kemampuan siswa dalam berbahasa, semua ahli bahasa sepakat bahwa keterampilan berbahasa ada empat, yaitu keterampilan berbicara (maharotul kalam), keterampilan mendengarkan (maharotul istima'), keterampilan membaca (maharotul qiro'ah), dan keterampilan berbahasa. keterampilan. menulis (maharotul kitabah). Dan dalam pembelajaran bahasa arab salah satu keterampilan yang ingin dicapai adalah keterampilan berbicara (maharotul kalam), banyak cara untuk mencapai pembelajaran yang efektif, salah satunya adalah guru harus memilih metode pembelajaran yang tepat bagi siswanya, dalam hal ini guru dapat menggunakan salah satu metode yaitu metode Muhadatsah yang dinilai sangat menunjang keberhasilan siswa dalam keterampilan berbicara. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh metode Muhadatsah terhadap keterampilan berbicara bahasa Arab. Metode penelitian ini adalah kuantitatif regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: terdapat pengaruh yang signifikan antara metode muhadatsah terhadap keterampilan berbicara bahasa arab, berdasarkan hasil pengujian hipotesis regresi linier berganda diperoleh nilai sig 008 ≤ 0,05.</p> <p><strong>Kata Kunci</strong> : Metode Muhadatsah, Ketrampilan Berbicara, Bahasa Arab</p> <p> </p> <p><strong><em>ABSTRACT</em></strong></p> <p><em>Language learning is developing and digesting students' abilities in language, all language experts agree that there are four language skills, namely speaking skills (maharotul kalam), listening skills (maharotul istima'), reading skills (maharotul qiro'ah), and language skills. writing (maharotul kitabah). And in learning Arabic one of the skills to be achieved is speaking skills (maharotul kalam), there are many ways to achieve effective learning, one of which is that the teacher must choose the right learning method for his students, in this case the teacher can use one of the methods namely the Muhadatsah method, which is considered to be very supportive of students' success in speaking skills. The purpose of this research is to find out whether there is an effect of the Muhadatsah method on Arabic speaking skills. This research method is quantitative multiple linear regression. The results of this study conclude that: there is a significant effect between the muhadatsah method on Arabic speaking skills, based on the results of multiple linear regression hypothesis testing, the value of sig 008 ≤ 0.05 is obtained.</em></p> <p><strong><em>Keyword : </em></strong><em>Muhadatsah Methods, Speaking Skills, Arabia Languag</em></p> Oktavia Ratnaningtyas, Ummu Fadlilah, Biqi Asshafah Zain Copyright (c) 2024 ARABIA: Jurnal Ilmu Bahasa Arab https://jurnal.iaibafa.ac.id/index.php/Arabia/article/view/3060 Tue, 03 Dec 2024 00:00:00 +0700 Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Online Menggunakan Aplikasi Socrative Pada Kelas VIII MTs At-Tarbiyah Ad-Diniyah Gersik https://jurnal.iaibafa.ac.id/index.php/Arabia/article/view/2794 <p><strong>ABSTRAK</strong></p> <p>Pembelajaran bahasa Arab melalui platform digital menjadi semakin populer di sektor pendidikan saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas penggunaan aplikasi Socrative dalam menilai kemajuan pembelajaran bahasa Arab online. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif yang dilakukan di MTs At-Tarbiyah Ad-Diniyah Gersik. Tujuan metode ini adalah untuk memberikan gambaran rinci, penjelasan, dan pemahaman terhadap fenomena atau peristiwa dari sudut pandang partisipan. Penelitian ini memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pengembangan metode evaluasi pembelajaran bahasa Arab online dan memberikan rekomendasi penggunaan aplikasi Socrative dalam konteks pendidikan bahasa Arab. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan aplikasi Socrative secara signifikan meningkatkan partisipasi siswa dalam proses evaluasi, memudahkan guru dalam merumuskan pertanyaan evaluasi, dan memberikan umpan balik langsung kepada siswa.</p> <p><strong>Kata Kunci : </strong>Evaluasi Pembelajaran, Aplikasi Socrative, Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Online</p> <p><strong><em>ABSTRACT</em></strong></p> <p><em>Learning Arabic through digital platforms is becoming increasingly popular in the education sector today. This research aims to evaluate the effectiveness of using the Socrative application in assessing the progress of learning Arabic online. The research method employed in this study is a qualitative descriptive method conducted at MTs At-Tarbiyah Ad-Diniyah Gersik. The purpose of this method is to provide a detailed description, explanation, and understanding of phenomena or events from the participants' perspective. This research makes a significant contribution to the development of evaluation methods for online Arabic language learning and provides recommendations for the use of the Socrative application in the context of Arabic language education The research results indicate that the utilization of the Socrative application significantly enhances student participation in the evaluation process, facilitates teachers in formulating evaluation questions, and provides immediate feedback to students.</em></p> <p><strong><em>Keywords:</em></strong><em> Learning Evaluation, Socrative Application, Online-Based Arabic Language Learning</em></p> Alifia Nadira, Suparmanto, Muhammad Abdi Wirasetiawan, Najwa Hizriani, Maratun Afifah Copyright (c) 2024 ARABIA: Jurnal Ilmu Bahasa Arab https://jurnal.iaibafa.ac.id/index.php/Arabia/article/view/2794 Tue, 03 Dec 2024 00:00:00 +0700 Manajemen Perencanaan Kurikulum Pendidikan Bahasa Arab Dalam Menghasilkan Kualifikasi Lususan Unkafa https://jurnal.iaibafa.ac.id/index.php/Arabia/article/view/2149 <p><strong>ABSTRAK</strong></p> <p>Perencanaan kurikulum berperan penting dalam membimbing siswa menuju perubahan perilaku sesuai tujuan yang telah ditetapkan.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang mengeksplorasi model perencanaan kurikulum Ralph W. Tyler pada Program Pendidikan Bahasa Arab Universitas Kiai Abdullah Faqih Gresik (UNKAFA). Data diperoleh melalui wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode analisis kualitatif Miles dan Huberman yang meliputi empat tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tyler memberikan dasar-dasar perencanaan kurikulum, dengan menguraikan empat pertanyaan kunci: tentang tujuan, strategi dan materi pembelajaran, pengorganisasian pengalaman pembelajaran, serta penilaian dan evaluasi. Model perencanaan kurikulum Tyler terdiri dari empat tahapan utama: menetapkan tujuan, memilih pengalaman belajar, mengorganisasikan pengalaman belajar, dan mengevaluasi efektivitas. Langkah-langkah tersebut menjadi dasar perencanaan kurikulum pada Program Pendidikan Bahasa Arab di UNKAFA. Tyler juga menekankan bahwa evaluasi harus selaras dengan tujuan pendidikan dan mencakup tes tertulis dan lisan, observasi hasil pekerjaan siswa, serta aktivitas dan partisipasi siswa. Penelitian ini menunjukkan bahwa model perencanaan kurikulum Tyler konsisten digunakan dalam pengembangan kurikulum Pendidikan Bahasa Arab di UNKAFA, dengan fokus pada tujuan yang jelas, pengalaman belajar yang relevan, pengorganisasian pengalaman belajar yang sistematis, dan evaluasi yang terukur. Langkah-langkah tersebut memberikan landasan untuk mencapai visi program yaitu menghasilkan lulusan yang profesional, berpengetahuan luas, bermoral tinggi, cakap dalam keterampilan hidup, dan berdaya saing di tingkat nasional.</p> <p><strong>Kata Kunci:</strong> Manajemen Perencanaan Kurikulum, Model Kurikulum Tyler, Kurikulum PBA.</p> <p><strong> </strong></p> <p><strong><em>ABSTRACT</em></strong></p> <p><em>Curriculum planning plays an important role in guiding students towards changing behavior according to predetermined goals. This research is a qualitative descriptive study that explores Ralph W. Tyler's curriculum planning model in the Arabic Language Education Program at Kiai Abdullah Faqih Gresik University (UNKAFA). Data was obtained through interviews and documentation. Data analysis uses the Miles and Huberman qualitative analysis method which includes four stages, namely data collection, data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The research results show that Tyler provides the basics of curriculum planning, by outlining four key questions: about objectives, learning strategies and materials, organizing learning experiences, and assessment and evaluation. Tyler's curriculum planning model consists of four main stages: setting goals, selecting learning experiences, organizing learning experiences, and evaluating effectiveness. These steps are the basis for curriculum planning in the Arabic Language Education Program at UNKAFA. Tyler also emphasized that evaluation must be aligned with educational goals and include written and oral tests, observations of student work, and student activities and participation. This research shows that Tyler's curriculum planning model is consistently used in developing the Arabic Language Education curriculum at UNKAFA, with a focus on clear objectives, relevant learning experiences, systematic organization of learning experiences, and measurable evaluation. These steps provide the basis for achieving the program's vision, namely producing graduates who are professional, knowledgeable, have high morals, are competent in life skills, and are competitive at the national level.</em></p> <p><strong><em>Keyword: </em></strong><em>Curriculum Planning Management t, Tyler's curriculum model, PBA Curriculum</em></p> Muhammad Ainul Haq, Efan Chairul Abdi Copyright (c) 2024 ARABIA: Jurnal Ilmu Bahasa Arab https://jurnal.iaibafa.ac.id/index.php/Arabia/article/view/2149 Tue, 03 Dec 2024 00:00:00 +0700 تأثير استراتيجيات المعلمين في تحسين مهارة قراءة الكتب التراث في المدرسة العالية معلمين - معلمات منبع المعارف دينيار جومبانغ https://jurnal.iaibafa.ac.id/index.php/Arabia/article/view/2144 <p><strong><em> </em></strong></p> <p><strong>ABSTRAK</strong></p> <p>Strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru menjadi factor penentu dalam keberhasilan peserta didik untuk memahami materi pelajaran. Begitu juga dalam membaca kitab kuning, tentu diperlukan strategi yang baik. Penelilian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang efektif dalam meningkatkan ketrampilan membaca kitab kuning. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Lokasi penelitian adalah di Madrasah Aliyah Muallimin Muallimat Manbaul Maarif Denanyar Jombang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Madrasah Aliyah Muallimin Muallimat Manbaul Maarif Denanyar Jombang merupakan madrasah yang menggunakan kitab kuning sebagai salah satu mata pelajaran wajib. Dalam praktek pembelajaran terdapat beberapa strategi khusus yang dilakukan oleh guru untuk meningkatkan ketrampilan membaca kitab kuning. Diantara strategi tersebut adalah strategi pembelajaran drill, strategi peer teacher dan strategi tambahan. Adapun pemberian strategi ini disesuaikan dengan kemampuan peserta didik tiap tingkatan kelas.</p> <p><strong>Kata Kunci : </strong>Strategi Pengajar, Kemampuan Membaca Kitab Kuning, Kitab Kuning,</p> <p> </p> <p><strong><em>ABSTRACT</em></strong></p> <p><em>The learning strategy used by the teacher is a determining factor in the success of students in understanding the subject matter. Likewise, when reading the yellow book, a good strategy is needed. This research aims to find out effective strategies in improving yellow book reading skills. This research uses qualitative research. The research location is Madrasah Aliyah Muallimin Muallimat Manbaul Maarif Denanyar Jombang. The results of the research show that Madrasah Aliyah Muallimin Muallimat Manbaul Maarif Denanyar Jombang is a madrasah that uses the yellow book as one of the compulsory subjects. In learning practice, there are several special strategies carried out by teachers to improve yellow book reading skills. Among these strategies are drill learning strategies, peer teacher strategies and additional strategies. The provision of this strategy is adjusted to the abilities of students at each grade level.</em></p> <p><strong><em>Keywords:</em></strong><em> Teacher Strategy, Ability to Read the Yellow Book, Yellow Book</em></p> <p> </p> Baiq Tuhfatul Unsi, Silvia Nurmala Sari Silvi, Nedya Varchati Copyright (c) 2024 ARABIA: Jurnal Ilmu Bahasa Arab https://jurnal.iaibafa.ac.id/index.php/Arabia/article/view/2144 Tue, 03 Dec 2024 00:00:00 +0700 Pengaruh Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Terhadap Penguasaan Mufrodat di Pondok Pesantren Al Ikhlas Bahrul ‘Ulum Tambakberas Jombang https://jurnal.iaibafa.ac.id/index.php/Arabia/article/view/3082 <p><strong>ABSTRAK</strong></p> <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan menghafal <em>Al-Qur'an</em> Dengan Penguasaan <em>Mufrodat</em> Bahasa <em>Arab</em> di Pondok Pesantren Al-Ikhlas <em>Bahrul ‘Ulum</em> Tambakberas Jombang. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis Regresi Linier Sederhana dan uji hipotesa menggunakan uji F dan kemudian di beri kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : hasil uji F yaitu f hitung 50,363 &gt; f tabel = 2.06 dan tingkat signifikansi 0,00 lebih kecil dari taraf ketidak percayaan 5% (0,00 &gt; 0,05). Keputusan menyatakan Ho ditolak dan Ha diterima. Maka, terdapat pengaruh yang signifikan antara penguaruh kemampuan menghafal Al-Qur’an (X) terhadap penguasaan mufrodat (Y) santri Pondok Pesantren Al-Ikhlas Bahrul ‘Ulum Tambakberas Jombang. Yaitu, sebesar 65.3% dan termasuk pada tingkat pengaruh koefisien korelasi “kuat”.</p> <p><strong>Kata Kunci</strong>: Menghafal <em>Al-Qur’an</em>, Penguasaan <em>Mufroda</em></p> <p><em> </em></p> <p><strong><em>ABSTRACT</em></strong></p> <p><em>This study aims to determine the influence of the ability to memorize the Qur'an with the mastery of Arabic Mufrodat at the Al-Ikhlas Bahrul 'Ulum Tambakberas Jombang Islamic Boarding School. This research is a correlation research using a quantitative approach. Data collection was done by observation, interviews, questionnaires and documentation. The data analysis used is Simple Linear Regression analysis and hypothesis test using F test and then given conclusions. The results showed that: the F test result is f count 50.363 &gt; f table = 2.06 and the significance level of 0.00 is smaller than the level of distrust of 5% (0.00 &gt; 0.05). The decision states Ho is rejected and Ha is accepted. Maka,</em><em> t</em><em>erdapat pengaruh yang signifikan antara pengua</em><em>ruh kemampuan menghafal Al-Qur’an </em><em>(X) terhadap </em><em>penguasaan mufrodat</em><em> (Y) santri Pondok Pesantren Al-Ikhlas Bahrul ‘Ulum Tambakberas Jombang</em><em>. </em><em>Yaitu, sebesar </em><em>65.3</em><em>% dan termasuk pada tingkat pengaruh koefisien korelasi “</em><em>kuat</em><em>”.</em></p> <p><strong><em>Keywords</em></strong><em>: Memorization of the Qur'an, Mastery of Mufrodat</em></p> Asrori Mahsum, Iqomatul Adzaniah Copyright (c) 2024 ARABIA: Jurnal Ilmu Bahasa Arab https://jurnal.iaibafa.ac.id/index.php/Arabia/article/view/3082 Tue, 03 Dec 2024 00:00:00 +0700