ARABIA: Jurnal Ilmu Bahasa Arab https://jurnal.iaibafa.ac.id/index.php/Arabia <p>Arabia: Jurnal Ilmu Bahasa Arab diterbitkan dua kali setahun sejak 2023 (Januari dan Juli), adalah jurnal multibahasa (Indonesia, Arab, dan Inggris), peer-review, dan berspesialisasi dalam Pendidikan Bahasa Arab dan Studi Bahasa Arab. Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Pendidikan dan keguruan IAIBAFA.</p> <p>Editor menyambut para sarjana, peneliti dan praktisi Pendidikan Bahasa Arab di seluruh dunia untuk mengirimkan artikel ilmiah untuk dipublikasikan melalui jurnal ini. Semua artikel akan direview oleh para ahli sebelum diterima untuk dipublikasikan. Setiap penulis bertanggung jawab penuh atas isi artikel yang diterbitkan.</p> en-US jurnalarabia@gmail.com (Arabia: Jurnal Ilmu Bahasa Arab) oktaviaratnaningtyas@iaibafa.ac.id (Oktavia Ratnaningtyas) Sat, 16 Aug 2025 14:46:00 +0700 OJS 3.2.1.2 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Evolusi Tanda Baca dalam Bahasa Arab: Mengungkap Peran Alamatut Tarqim antara Kitab Klasik dan Penulisan Modern https://jurnal.iaibafa.ac.id/index.php/Arabia/article/view/3896 <p><strong>ABSTRAK</strong></p> <p>Peran tanda baca krusial dalam kejelasan dan pemahaman teks tertulis modern, sejarah perkembangannya dalam bahasa Arab memiliki lintasan unik. Dalam kitab klasik, makna dan intonasi lebih bergantung pada konteks, susunan kata, partikel, dan pemahaman kaidah tata bahasa Arab yang mendalam. Namun, seiring kebutuhan komunikasi tertulis yang efisien dan pengaruh penulisan Barat, tanda baca mulai diintegrasikan. Untuk itu, penelitian ini menelusuri evolusi penggunaan <em>Alamatut Tarqim</em> (tanda baca) dalam bahasa Arab, membandingkan ketiadaan atau minimalnya penggunaan tanda baca dalam kitab-kitab klasik dengan implementasinya yang sistematis dalam penulisan modern. Penelitian kualitatif ini menggunakan metode studi pustaka komparatif dengan mengumpulkan data dari kitab klasik, karya linguistik, teks modern, dan literatur komparatif. Hasil menunjukkan bahwa adopsi tanda baca didorong oleh penerjemahan karya Barat, teknologi percetakan, modernisasi pendidikan, dan kebangkitan literasi massa. Ahmad Zaki Pasha diakui sebagai "Bapak Tanda Baca Arab" yang berperan menstandardisasi tanda baca Barat melalui karyanya tahun 1912, "At-Tarqim fi al-Lughah al-Arabiyah". Meskipun awalnya ada penolakan, manfaat fungsional tanda baca menyebabkan penerimaan dan standarisasi oleh lembaga seperti Akademi Bahasa Arab di Kairo, mencerminkan fenomena <em>ta'rib</em> (Arabisasi). Evolusi ini membentuk lanskap linguistik Arab kontemporer, menyeimbangkan pengayaan bahasa dengan pelestarian identitas linguistik.</p> <p><strong>Kata Kunci:</strong> Evolusi, Alamatut Tarqim, Kitab Klasik, Kitab Modern</p> <p> </p> <h2><strong><em>ABSTRACT</em></strong></h2> <p><em>The crucial role of punctuation in the clarity and comprehension of modern written texts, its historical development in Arabic has a unique trajectory. In classical texts, meaning and intonation were more dependent on context, word order, particles, and a deep understanding of Arabic grammar. However, with the need for efficient written communication and the influence of Western writing, punctuation began to be integrated. Therefore, this study traces the evolution of the use of Alamatut Tarqim (punctuation) in Arabic, comparing the absence or minimal use of punctuation in classical texts with its systematic implementation in modern writing. This qualitative study uses a comparative literature study method by collecting data from classical texts, linguistic works, modern texts, and comparative literature. The results show that the adoption of punctuation was driven by the translation of Western works, printing technology, the modernization of education, and the rise of mass literacy. Ahmad Zaki Pasha is recognized as the "Father of Arabic Punctuation" who played a role in standardizing Western punctuation through his 1912 work, "At-Tarqim fi al-Lughah al-Arabiyah". Despite initial resistance, the functional benefits of punctuation led to its acceptance and standardization by institutions such as the Arabic Language Academy in Cairo, reflecting the phenomenon of ta'rib (Arabization). This evolution shapes the contemporary Arabic linguistic landscape, balancing language enrichment with the preservation of linguistic identity.</em></p> <p><strong><em>Keywords:</em></strong><em> Evolution, Alamatut Tarqim, Classical Books, Modern Books</em></p> Maulidati, Maimun M. Yacob Copyright (c) 2025 ARABIA: Jurnal Ilmu Bahasa Arab https://jurnal.iaibafa.ac.id/index.php/Arabia/article/view/3896 Sat, 16 Aug 2025 00:00:00 +0700 Hasil Terjemahan Perplexity: Analisis Akurasi, Keberterimaan, dan Keterbacaan pada Berita Pariwisata dari Situs Aljazeera.net https://jurnal.iaibafa.ac.id/index.php/Arabia/article/view/3789 <p><strong>ABSTRAK</strong></p> <p>Kebutuhan akan penerjemahan teks berita pariwisata berbahasa Arab ke dalam bahasa Indonesia semakin meningkat seiring pesatnya perkembangan industri pariwisata dan globalisasi informasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kualitas hasil terjemahan mesin Perplexity pada berita pariwisata dari situs Aljazeera.net, dengan fokus pada tiga aspek utama: akurasi, keberterimaan, dan keterbacaan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik analisis dokumen terhadap 50 data terjemahan yang dianalisis menggunakan model penilaian Nababan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum, terjemahan Perplexity memiliki kualitas yang tinggi, dengan skor akurasi sebesar 84%, keberterimaan 92%, dan keterbacaan 100%. Namun demikian, masih ditemukan beberapa kekurangan pada aspek akurasi berupa penambahan kata yang tidak diperlukan, serta pada aspek keberterimaan berupa penggunaan istilah yang kurang tepat. Kesimpulannya, meskipun Perplexity mampu menghasilkan terjemahan yang layak dan mudah dipahami, proses penyuntingan oleh manusia tetap diperlukan untuk memastikan kualitas terjemahan yang optimal, terutama pada teks berita yang sarat konteks dan nuansa budaya.</p> <p><strong>Kata kunci</strong>: Perplexity, Terjemahan Mesin, Kualitas</p> <p> </p> <p><strong><em>ABSTRAC</em></strong></p> <p><em>The demand for translating Arabic tourism news texts into Indonesian is increasing in line with the rapid growth of the tourism industry and the globalization of information. This study aims to evaluate the quality of </em>Perplexity<em> machine translations of tourism news from Aljazeera.net, focusing on three main aspects: accuracy, acceptability, and readability. A qualitative research method was employed, using document analysis techniques on 50 translation data points assessed with Nababan’s evaluation model. The findings reveal that, in general, </em>Perplexity<em>’s translations are of high quality, achieving scores of 84% for accuracy, 92% for acceptability, and 100% for readability. However, some shortcomings remain, such as unnecessary word additions affecting accuracy and the use of less appropriate terms affecting acceptability. In conclusion, while </em>Perplexity<em> can produce translations that are adequate and easy to understand, human editing is still necessary to ensure optimal translation quality, especially for news texts rich in context and cultural nuances.</em></p> <p><strong><em>Keywords</em></strong><em>: </em>Perplexity<em>, Machine Translation, </em><em>Quality</em></p> Lubna Nailannajah, Mauidlotun Nisa, Achmad Satori, Abdullah Maulani, Darsita Suparno, Muhammad Zacky Mubarok Copyright (c) 2025 ARABIA: Jurnal Ilmu Bahasa Arab https://jurnal.iaibafa.ac.id/index.php/Arabia/article/view/3789 Sat, 16 Aug 2025 00:00:00 +0700 Peranan Motivasi dan Sikap Guru dalam Kegiatan Pembelajaran https://jurnal.iaibafa.ac.id/index.php/Arabia/article/view/3758 <p><strong>ABSTRAK</strong></p> <p>Motivasi belajar dianggap sebagai faktor psikologis yang penting dalam proses pendidikan, mempengaruhi antusiasme dan keberhasilan siswa dalam belajar. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran guru dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa di MTs Negeri Pekalongan. Pendekatan yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif, yang memungkinkan peneliti menggambarkan secara sistematis dan autentik proses pembelajaran serta upaya guru dalam meningkatkan motivasi siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru memiliki peran multifungsi, yaitu sebagai mediator, motivator, evaluator, pengelola kelas, dan pembimbing. Setiap peran tersebut saling mendukung dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan memotivasi siswa untuk aktif dan berprestasi. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam pemahaman tentang pentingnya peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di tingkat menengah.</p> <p><strong> </strong></p> <p><strong>Kata Kunci:</strong> motivasi belajar, peran guru, pembelajaran, MTs Negeri Pekalongan, penelitian kualitatif</p> <p><strong> </strong></p> <p><strong><em>ABSTRACT</em></strong></p> <p><em>Learning motivation is considered a crucial psychological factor in the educational process, influencing students' enthusiasm and success in learning. This study aims to examine the role of teachers in fostering students' learning motivation at MTs Negeri Pekalongan. The approach used is descriptive qualitative research, which allows the researcher to systematically and authentically describe the learning process and teachers' efforts in enhancing students' motivation. The findings indicate that teachers play multifaceted roles as mediators, motivators, evaluators, classroom managers, and counselors. Each of these roles supports the creation of a conducive learning environment and motivates students to be active and achieve. This study contributes to the understanding of the importance of teachers' roles in enhancing students' learning motivation at the secondary level.</em></p> <p><strong><em> </em></strong></p> <p><strong><em>Keywords:</em></strong><em> learning motivation, teacher roles, learning, MTs Negeri Pekalongan, qualitative research</em></p> <p> </p> Rima Dwi Novita, Abdul Khobir, Mahiroh Nur Safitri, Moh Eri Irfana Copyright (c) 2025 ARABIA: Jurnal Ilmu Bahasa Arab https://jurnal.iaibafa.ac.id/index.php/Arabia/article/view/3758 Sat, 16 Aug 2025 00:00:00 +0700 (تطبيق طريقة التواصلية في مهارة الكلام باللغة العربية (دراسة وصفية في معهد نور الحكيم الإسلامية لومبوك الغربي https://jurnal.iaibafa.ac.id/index.php/Arabia/article/view/3484 <p><strong>ABSTRAK</strong></p> <p>Dalam pembelajaran bahasa Arab, keterampilan berbicara merupakan salah satu keterampilan bahasa yang penting. Dalam ilmu bahasa, keterampilan bahasa dibagi menjadi dua kategori, yaitu keterampilan produktif dan keterampilan reseptif. Keterampilan produktif mencakup keterampilan berbicara dan menulis, sementara keterampilan reseptif mencakup keterampilan mendengarkan dan membaca. Keterampilan berbicara adalah keterampilan verbal dalam keterampilan produktif, yang memiliki cara komunikasi yang sangat penting. Jika cara komunikasi ini tidak diterapkan dengan baik, maka keterampilan berbicara tidak akan dapat dikuasai dengan sempurna. Sering kali ditemukan kesalahpahaman dalam proses komunikasi, yang dapat menghambat keterampilan berbicara. Oleh karena itu, penting untuk menggunakan cara komunikasi yang tepat dan sesuai dengan lingkungan. Peneliti menggunakan metode kualitatif deskriptif dalam penelitian lapangan. Data primer dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara di institusi Sekolah Aliyah Dakwah Islamiyah Putra Nurul Hakim, Lombok Barat. Data sekunder diperoleh dari referensi seperti buku, artikel, yang terkait dengan metode komunikasi dan keterampilan berbicara. Hasil penelitian menunjukkan, pertama, ada metode komunikasi yang diterapkan di Lembaga ini berjaan dengan sangat efektif. Kedua, terdapat faktor penghambat dan pendukung praktik keterampilan berbicara melalui metode komunikasi di sekolah tersebut.</p> <p><strong>Kata kunci:</strong> metode komunikasi, keterampilan berbicara.</p> <p> </p> <p><strong><em>ABSTRACT</em></strong></p> <p><em>In Arabic language learning, speaking skills are one of the important language skills. In linguistics, language skills are divided into two categories: productive skills and receptive skills. Productive skills include speaking and writing, while receptive skills include listening and reading. Speaking is a verbal skill within productive skills, and it involves a very important communication method. If this communication method is not applied properly, speaking skills will not be mastered perfectly. Misunderstandings often occur during the communication process, which can hinder speaking skills. Therefore, it is important to use the correct communication methods that are suitable for the environment. The researcher uses a descriptive qualitative method in field research. Primary data in this study were obtained through observation, documentation, and interviews at the Aliyah Dakwah Islamiyah Putra Nurul Hakim School in West Lombok. Secondary data were obtained from references such as books and articles related to communication methods and speaking skills. Research results show that first, there is a communication method applied at this institution that works very effectively. Second, there are factors that hinder and support the practice of speaking skills through communication methods at the school.</em></p> <p><strong><em>Keywords:</em></strong><em> communication methods, speaking skills.</em></p> Rifky Rosian An Nur, Jalicah Husna Copyright (c) 2025 ARABIA: Jurnal Ilmu Bahasa Arab https://jurnal.iaibafa.ac.id/index.php/Arabia/article/view/3484 Sat, 16 Aug 2025 00:00:00 +0700 Pemanfaatan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Evaluasi di Semester IV A Pendidikan Bahasa Arab Universitas Islam Negeri Mataram https://jurnal.iaibafa.ac.id/index.php/Arabia/article/view/3753 <p><strong>ABSTRAK</strong></p> <p>Saat menghadapi tantangan belajar berbasis digital yang memenuhi teknologi dan pengembangan informasi, kreatif, pembelajaran yang efektif dan ekonomis harus dikembangkan. Oleh karena itu, penggunaan media pembelajaran digital adalah langkah penting dalam meningkatkan kinerja pembelajaran siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas penggunaan aplikasi Quizizz sebagai media evaluasi dalam pembelajaran keterampilan menulis (maharah kitabah) pada mahasiswa semester IV Kelas A Program Studi Pendidikan Bahasa Arab di Universitas Islam Negeri Mataram. Metode yang digunakan meliputi ceramah, tanya jawab, serta praktik langsung penggunaan aplikasi Quizizz. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa memiliki antusiasme tinggi dan pemahaman yang baik terhadap materi yang disampaikan melalui aplikasi tersebut. Pelaksanaan praktik penggunaan Quizizz berjalan dengan lancar dan mendapat tanggapan positif dari mahasiswa, yang tercermin dari tingginya persentase nilai rata-rata. Selain itu, penelitian ini juga membuktikan bahwa aplikasi Quizizz mampu meningkatkan motivasi belajar mahasiswa dalam mengembangkan keterampilan menulis bahasa Arab.</p> <p><strong> </strong></p> <p><strong>Kata Kunci</strong>: Aplikasi Quizizz, Media, Evaluasi Pembelajaran, Keterampilan Menulis (Maharrah Kitabab), Pendidikan Bahasa Arab.</p> <p> </p> <p><strong><em>ABSTRACT</em></strong></p> <p><em>When facing the challenges of digital-based learning that meet the demands of technology and information development, creative, effective, and economical learning must be developed. Therefore, the use of digital learning media is a crucial step in improving student learning performance. The purpose of this study was to investigate the effectiveness of using a quiz app as an assessment medium for writing skills (Mahara Kitaba) for students in the fourth semester of the Arabic research and education program at the Islamic University, Mataram State. The methods used included lectures, questions, answers, and hands-on practice using the quiz app. The results of this study showed that students had a good understanding of the material presented by the app as high enthusiasm. The implementation of practice using Quizzz went smoothly and received positive answers from students. This is reflected in the high percentage of average results. In addition, this study also shows that the quizzing application can increase students' learning motivation in developing Arabic writing skills.</em></p> <p><strong><em> </em></strong></p> <p><strong><em>Keyword :</em></strong><em> Quizizz Application, Media, Learning Evaluation, Writing Skills, Arabic Language Education.</em></p> Leny Cahyani, Suparmanto, Muhammad Firdaus Syahputra, Naila Afriani, Tafidatuz Ziyadah Copyright (c) 2025 ARABIA: Jurnal Ilmu Bahasa Arab https://jurnal.iaibafa.ac.id/index.php/Arabia/article/view/3753 Sat, 16 Aug 2025 00:00:00 +0700 Peningkatan Maharah Qira’ah Kitab Kuning Pembelajaran Shorof Atas Dasar Prestasi Peserta Didik Di Madrasah Diniyah Pesantren Al-Mardliyah https://jurnal.iaibafa.ac.id/index.php/Arabia/article/view/3888 <p><strong>ABSTRAK</strong></p> <p>Shorof merupakan salah satu cabang keilmuan alat atau ilmu yang memiliki peran untuk kata dasar dalam bahasa Arab serta mengenal cara perubahannya sesuai makna yang ingin dibuat dengan cara mentashrifnya. Namun pembelajaran ilmu shorof peserta didik seringkali mengalami kendala dalam hal memahami pelajaran yang diajarkan, salah satunya oleh guru di Madrasah Diniyah Pesantren Al-Mardliyah. Ada beberapa kesulitan atau kendala peserta didik dalam mempelajari dan memahaminya<em>.</em> Untuk itu, tujuan penelitian ini adalah 1) Mengetahui proses pembelajaran shorof dengan menggunakan beberapa pendekatan atau metode yang menyenangkan. 2) Mengetahui peningkatan maharah qira’ah pada kitab kuning di Pondok Pesantren Al-Mardliyah. 3) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat dari pembelajaran shorof untuk meningkatkan maharah qira’ah kitab kuning di Pondok Pesantren Al-Mardliyah. Penelitian ini menggunakan teknik kualitatif. Pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran shorof di Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Al-Mardliyah meliputi tiga tahap utama, yaitu persiapan guru (penyusunan perangkat dan penguasaan materi), pelaksanaan pembelajaran (meliputi kegiatan pembuka, inti seperti pengenalan materi dan setoran hafalan, serta penutup), dan evaluasi (melalui setoran hafalan, ulangan harian, pencarian contoh di kitab kuning, serta ujian akhir semester). Pembelajaran ini berkontribusi dalam peningkatan kemampuan membaca kitab kuning, ditandai dengan kemampuan siswa menghafal dan menyetorkan nadhom tashrifan serta identifikasi aspek nahwu, shorof, dan terjemahan. Faktor pendukungnya meliputi metode yang menyenangkan, motivasi siswa, dan dukungan guru berpengalaman, sedangkan hambatannya meliputi kesulitan materi, rendahnya motivasi dan kemampuan dasar siswa.</p> <p><strong>Kata Kunci:</strong> Pembelajaran Shorof, Maharah Qira’ah, dan Kitab Kuning.</p> <p> </p> <p><strong><em>ABSTRACT</em></strong></p> <p><em>Shorof is a branch of knowledge or science that plays a role in basic words in Arabic and understands how to change them according to the intended meaning by means of mentashrif. However, students in learning the science of shorof often experience obstacles in understanding the lessons taught, one of which is by teachers at the Madrasah Diniyah Pesantren Al-Mardliyah. There are several difficulties or obstacles for students in learning and understanding it. Therefore, the objectives of this study are 1) To determine the process of learning shorof using several fun approaches or methods. 2) To determine the increase in the maharah qira'ah of the yellow book at the Al-Mardliyah Islamic Boarding School. 3) To determine the supporting and inhibiting factors of shorof learning to increase the maharah qira'ah of the yellow book at the Al-Mardliyah Islamic Boarding School. This study uses qualitative techniques. Data collection used is interviews, observation and documentation. The results of the study indicate that the shorof learning process at the Al-Mardliyah Islamic Boarding School (Madrasah Diniyah) encompasses three main stages: teacher preparation (devising tools and mastering the material), learning implementation (including opening and core activities such as material introduction and memorization, and closing), and evaluation (through memorization, daily tests, searching for examples in the yellow book, and final semester exams). This learning contributes to improving the ability to read the yellow book, as indicated by students' ability to memorize and transcribe the nadhom tashrifan (pronouns), as well as identifying aspects of nahwu, shorof, and translation. Supporting factors include enjoyable methods, student motivation, and the support of experienced teachers, while barriers include material difficulty, low motivation, and students' basic abilities.</em></p> <p><em> </em><strong><em>Keywords:</em></strong><em> Shorof Learning, Maharah Qira'ah, and Yellow Book.</em></p> Mardiyah, Baiq Tuhfatul Unsi Copyright (c) 2025 ARABIA: Jurnal Ilmu Bahasa Arab https://jurnal.iaibafa.ac.id/index.php/Arabia/article/view/3888 Sat, 16 Aug 2025 00:00:00 +0700 Analisis Intonasi dan Nada Ahmad Nufais pada Ayat Ancaman Dalam Qs. Al-Adiyat https://jurnal.iaibafa.ac.id/index.php/Arabia/article/view/3857 <p><strong>ABSTRAK</strong></p> <p>Penelitian ini membahas analisis intonasi dan nada yang digunakan oleh qari Ahmad Nufais dalam melantunkan ayat-ayat ancaman pada surah Al-Adiyat. Fokus utama penelitian adalah mengidentifikasi pola intonasi serta hubungannya dengan makna dan pesan emosional yang terkandung dalam ayat-ayat tersebut. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan fonologi dan tafsir, menganalisis rekaman tilawah Ahmad Nufais secara fonemik dan kontekstual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ahmad Nufais secara konsisten menggunakan pola intonasi turun, naik, serta naik-turun yang disesuaikan dengan kandungan makna ayat. Intonasi turun dominan pada ayat-ayat yang menekankan ancaman dan keagungan Allah, sedangkan intonasi naik-turun dan naik digunakan untuk menegaskan peristiwa atau perintah penting dalam narasi ayat. Penggunaan variasi nada dan intonasi ini terbukti efektif dalam menyampaikan emosi, memperkuat pesan ancaman, serta mempengaruhi perasaan pendengar, bahkan bagi mereka yang tidak memahami makna literal ayat. Penelitian ini menegaskan bahwa aspek prosodi tilawah Al-Qur’an memiliki peran penting dalam memperkuat pesan dan daya pengaruh ayat secara psikologis dan spiritual.</p> <p><strong>Kata Kunci</strong>: Ahmad Nufais, Intonasi, Nada.</p> <p> </p> <p><strong>ABSTRACK</strong></p> <p><em>This study discusses the analysis of intonation and pitch used by the qari Ahmad Nufais in reciting the verses of warning in Surah Al-Adiyat. The main focus of the research is to identify intonation patterns and their relationship to the meaning and emotional messages contained within these verses. The method employed is qualitative, utilizing a phonological and interpretive approach by analyzing recordings of Ahmad Nufais’s recitation both phonetically and contextually. The findings indicate that Ahmad Nufais consistently employs descending, ascending, and combined ascending-descending intonation patterns, each adapted to the semantic content of the verses. Descending intonation predominates in verses emphasizing warnings and the majesty of Allah, while ascending and ascending-descending intonation is used to highlight important events or commands within the narrative of the verses. The use of these variations in pitch and intonation has proven effective in conveying emotion, reinforcing the message of warning, and influencing the feelings of listeners—even those who do not understand the literal meaning of the verses. This study affirms that the prosodic aspects of Qur’anic recitation play a significant role in strengthening the message and psychological as well as spiritual impact of the verses</em><em>.</em></p> <p><strong><em>Keywords:</em></strong><em> Ahmad Nufais, Intonation, Tone.</em></p> Fadhli Furkony, Lina Marlina Copyright (c) 2025 ARABIA: Jurnal Ilmu Bahasa Arab https://jurnal.iaibafa.ac.id/index.php/Arabia/article/view/3857 Sat, 16 Aug 2025 00:00:00 +0700 Telaah Literatur Mengenai Peran Media Digital Dalam Pembelajaran Bahasa Arab: Konsep Dan Implementasi https://jurnal.iaibafa.ac.id/index.php/Arabia/article/view/3981 <p><strong>ABSTRAK</strong></p> <p>Perkembangan teknologi digital telah menghadirkan peluang signifikan dalam transformasi metode pembelajaran bahasa Arab, terutama dalam meningkatkan efektivitas, interaktivitas, dan keterlibatan peserta didik. Meskipun implementasi media digital telah banyak dikaji, masih terdapat kesenjangan dalam sintesis teoritis dan konseptual mengenai peran media digital dalam konteks pendidikan bahasa Arab. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah dan mensintesiskan literatur ilmiah terkait konsep, implementasi, tantangan, dan solusi penggunaan media digital dalam pembelajaran bahasa Arab. Dengan menggunakan pendekatan systematic literature review, data dikumpulkan dari berbagai sumber akademik terpercaya dan dianalisis secara deskriptif-kritis melalui teknik content analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media digital berperan penting dalam memperkuat penguasaan kosa kata, meningkatkan motivasi belajar, dan mendukung pembelajaran mandiri. Aplikasi seperti media sosial, platform interaktif, dan konten audiovisual menjadi alat pedagogis yang efektif, meskipun masih dihadapkan pada tantangan seperti keterbatasan infrastruktur, rendahnya literasi digital pendidik, dan kurangnya integrasi kurikulum berbasis teknologi. Artikel ini memberikan kontribusi teoritis melalui sintesis pendekatan pembelajaran digital dan kerangka TPACK dalam konteks pendidikan bahasa Arab, serta menyarankan penguatan kebijakan dan pelatihan pendidik dalam pemanfaatan media digital secara strategis dan berkelanjutan. Temuan ini diharapkan dapat menjadi rujukan ilmiah bagi akademisi, praktisi, dan pembuat kebijakan dalam merancang pembelajaran bahasa Arab yang adaptif terhadap dinamika teknologi pendidikan di era digital.</p> <p><strong>Kata Kunci:</strong> Media digital, pembelajaran bahasa Arab, kajian literatur, implementasi teknologi pendidikan, peran media digital</p> <p> </p> <p><strong><em>ABSTRACT</em></strong></p> <p><em>The advancement of digital technology has brought significant opportunities for transforming Arabic language learning methods, particularly in enhancing effectiveness, interactivity, and learner engagement. While the implementation of digital media has been extensively studied, there remains a gap in theoretical and conceptual synthesis concerning its role within the context of Arabic language education. This study aims to examine and synthesize scholarly literature related to the concepts, implementation, challenges, and solutions regarding the use of digital media in Arabic language instruction. Employing a systematic literature review approach, data were collected from various reputable academic sources and analyzed descriptively and critically using content analysis techniques. The findings indicate that digital media plays a vital role in reinforcing vocabulary acquisition, boosting learning motivation, and supporting autonomous learning. Applications such as social media, interactive platforms, and audiovisual content serve as effective pedagogical tools, although they still face challenges such as infrastructural limitations, low levels of digital literacy among educators, and insufficient integration of technology-based curricula. This article offers a theoretical contribution by synthesizing digital learning approaches and the TPACK framework within the context of Arabic language education. It also recommends strengthening policies and educator training for the strategic and sustainable use of digital media. These findings are expected to serve as a scholarly reference for academics, practitioners, and policymakers in designing Arabic language learning strategies that are adaptive to the evolving landscape of educational technology in the digital age.</em></p> <p><em> </em></p> <p><strong><em>Keywords:</em></strong><em> Digital media, Arabic language learning, literature review, educational technology implementation, role of digital medi</em></p> Abdullah Asyiq Copyright (c) 2025 ARABIA: Jurnal Ilmu Bahasa Arab https://jurnal.iaibafa.ac.id/index.php/Arabia/article/view/3981 Sat, 16 Aug 2025 00:00:00 +0700