EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA VIDEO UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA ARAB

Authors

  • Muhammad Zakki Masykur Institut Agama Islam Bani Fattah Jombang
  • Siti Nur Khoirunisa" Nisa' MTs Darul Ulum Kepuhdoko Tembelang Jombang

Keywords:

Efektifitas media video, meningkatkan kemampuan berbicara Bahasa Arab

Abstract

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif eksperimen. Sedangkan desain penelitian yang digunakan adalah penelitian Pre-Eksperimental Design dalam bentuk One-Group Pretest-Posttest Designs. Adapun instrument penelitian yang digunakan yaitu pretest, treatment, posttest dan dokumentasi. Berdasarkan tes hipotesis peneliti menggunakan (df) adalah N-2, jadi 33-2=31, untuk ? = 0,05 dan df = 31 pada table berjumlah 2,03951.

Setelah membandingkan antara besarnya t yang diperoleh dalam perhitungan yang tercantum pada nilai thitung, maka dapat diketahui bahwa thitung lebih besar dari pada ttabel. Dimana thitung = 14,49 sedangkan ttabel = 2,03951.

Berdasarkan perhitungan tersebut, thitung lebih besar dari pada ttabel dengan demikian hipotesis diterima dan ini berarti penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media video efektif dalam meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Arab siswa kelas VII MTs. Darul Ulum Kepuhdoko Tembelang Jombang.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-01-06

How to Cite

Zakki Masykur, M., & Nisa’, S. N. K. (2023). EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA VIDEO UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA ARAB. ARABIA: Jurnal Ilmu Bahasa Arab, 1(1), 25–39. Retrieved from https://jurnal.iaibafa.ac.id/index.php/Arabia/article/view/1226

Issue

Section

Articles