AMAR MA’RÛF NAHÎ MUNKAR PERSEKTIF TAFSÎR IBNU KATSÎR DAN TAFSÎR AL-MUNÎR

Authors

  • Luthva Varidah Mahasiswi

DOI:

https://doi.org/10.52431/ushuly.v1i2.567

Keywords:

Amar ma’rûf nahî munkar, Tafsîr Ibnu Katsîr, Tafsîr al-Munîr

Abstract

Amar ma’rûf nahî munkar memegang fungsi penting agama sebagai kontrol sosial. Dengan amar ma’rûf nahî munkar akan menjadi tegaknya pilar-pilar akhlaq yang mulia dan agung.

Rumusan masalah dalam penelitian ini: (1) Bagaimana amar ma’rûf nahî munkar menurut Ibnu Katsîr? (2) Bagaimana amar ma’rûf nahî munkar menurut Wahbah Zuhaili? (3) Bagaimana komparasi penafsiran Ibnu Katsîr dan Wahbah Zuhaili tentang amar ma’rûf nahî munkar ?

Jenis penelitian menggunakan metode kepustakaan dengan metode deskiptif analitis. Teknik pengumpulan data: Mengindentifikasi ayat, lalu menelusuri pendapat-pendapat ulama terkait amar ma’rûf nahî munkar, kemudian mencari penafsiran, kemudian menarik kesimpulan. Menggunakan pendekatan tafsir komparatif.

Amar ma’rûf nahî munkar menurut Ibnu Katsîr adalah menyeru kepada kebaikan dan mencegah dari kemungkaran. amar ma’rûf nahî munkar menurut Wahbah Zuhaili adalah menyeru diri sendiri dan orang lain untuk melaksanakan amalan-amalan yang dinilai baik oleh syara', akhlaq, akal dan maslahat umum.

Amar ma’rûf nahî munkar merupakan kewajiban yang harus kita laksanakan. Karena dalam amar ma’rûf nahî munkar terdapat cita-cita mulia, yaitu terwujudnya persatuan dan juga kemaslahatan umat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A., Lenawati. 2019. Modernisasi Dalam Perspektif Islam. Jurnal At-Tanzir

Al-Zuhaili, Wahbah. 2009. al-Tafsir al-Munîr fî al-'Aqidah wa al-Syari'ah wa Manhâj. Damaskus: Dar al-Fikr.

Badriyah, Nurotul. Amar Ma’ruf Nahi Munkar Perspektif Font Pembela Islam. (Skripsi) Surabaya: Universitas Islam Negeri Sunan Ampel

Dimasqy, Ibnu Kastir. 2000. Tafsir Al-Qur’an Al-Adzîm. Ghiza: Maktabah al-Aulad al-Syekh.

Hamka. 2004. Tafsir al-Azhar. Jakarta: Pustaka Panjimas.

Karim Syeikh, Abdul. 2018. Rekonstruksi Makna dan Metode Penerapan Amar Ma’ruf Nahi Munkar Berdasarkan Al-Quran. Jurmal Al-Idarah.

Su’aidi, Hasan. Tidak ada tahun. Pekalongan: Jurnal Konsep Amar Ma’ruf Nahi Munkar Perspektif Hadist.

Downloads

Published

2022-07-01

How to Cite

Varidah, L. (2022). AMAR MA’RÛF NAHÎ MUNKAR PERSEKTIF TAFSÎR IBNU KATSÎR DAN TAFSÎR AL-MUNÎR. Ushuly: Jurnal Ilmu Ushuluddin, 1(2), 162–173. https://doi.org/10.52431/ushuly.v1i2.567

Issue

Section

Articles