EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMK NURUL JADID PAITON PROBOLINGGO

Authors

  • Rudi Rudi Universitas Nurul Jadid Paiton Probolinggo
  • Niken Septantiningtyas Universitas Nurul Jadid Probolinggo Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52431/tafaqquh.v9i2.606

Keywords:

online learning, Effectiveness of learning

Abstract

This research was conducted to identify the implementation of online-based learning in making learning effective during the pandemic at SMK Nurul Jadid Paiton Probolinggo. This study uses a qualitative approach by collecting some data in the form of information obtained from interviews with several predetermined informants, namely the principal, vice principal, teachers, and students at SMK Nurul Jadid Paiton Probolinggo. With the hope that this research intends to describe the effectiveness of this online learning in the pandemic period which is less than two years has stopped all sectors of life. Therefore this research was conducted. And also like the implementation of online learning at SMK Nurul Jadid Paiton Probolinggo.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Syafrida and R. Hartati, “Bersama Melawan Virus Covid 19 di Indonesia,” SALAM; J. Sos. Budaya Syar-i, vol. 7, no. 6, pp. 495–508, 2020, doi: 10.15408/sjsbs.v7i6.15325.

R. T. Handayani, D. Arradini, A. T. Darmayanti, A. Widiyanto, and J. T. Atmojo, “Pandemi covid-19, respon imun tubuh, dan herd immunity,” J. Ilm. Permas J. Ilm. STIKES Kendal, vol. 10, no. 3, pp. 373–380, 2020.

W. A. F. Dewi, “Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar,” J. Ilmu Pendidik., vol. 2, no. 1, pp. 55–61, 2020, doi: 10.31004/edukatif.v2i1.89.

S. Ningsih, “IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING BERBASIS EDMODO PADA MATA KULIAH EVALUASI PROGRAM KEPELATIHAN DI MASA PANDEMI COVID-19,” J. Teknol. Pendidik., vol. 13, no. 2, pp. 126–136, 2020.

T. P. R. N. Hapsari and A. S. Fitria, “EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING MATA KULIAH EVALUASI PENGAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA MASA PANDEMI COVID-19,” J. Ilm. Semant., vol. 2, no. 01, pp. 11–20, 2020.

Tenika Illananingtyas & Ellyda Retpitasari “FENOMENA HIJRAH KEKINIAN GENERASI Z KOTA KEDIR,I” Tafaqquh: Jurnal Penelitian dan kajian keislaman Volume 9, Nomor 2, Desember 2021 ; p-ISSN 2338-3186; e-ISSN 2549-1873; 185-200

A. M. Saifulloh and M. Darwis, “MANAJEMEN PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PROSES BELAJAR MENGAJAR DI MASA PANDEMI COVID-19 Ahmad,” Bidayatuna, vol. 03, no. 02, pp. 286–311, 2020.

A. Sadikin and A. Hamidah, “Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19 ( Online Learning in the Middle of the Covid-19 Pandemic ),” BIODIK J. Ilm. Pendidik. Biol., vol. 6, no. 02, pp. 214–224, 2020.

A. S. Syarifudin, “IMPELEMENTASI PEMBELAJARAN DARING UNTUK MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN SEBAGAI DAMPAK DITERAPKANNYA SOCIAL DISTANCING,” J. Pendidik. Bhs. dan Sastra Indones. pemerintah, vol. 5, no. 1, pp. 31–34, 2020.

R. Yunitasari and U. Hanifah, “Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Siswa pada Masa COVID-19,” Ria Yunitasari1, Umi Hanifah2, vol. 2, no. 3, pp. 232–243, 2020.

N. Septantiningtyas, “PENGARUH PEMBELAJARAN JARAK JAUH DENGAN APLIKASI GOOGLE CLASS TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA,” J. Pendidik. agama islan edureligia, vol. 2, no. 2, pp. 1–5, 2018.

Mastura and R. Santaria, “Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Proses Pengajaran bagi Guru dan Siswa,” J. Stud. Guru dan Pembelajaran, vol. 3, no. 2, pp. 289–295, 2020.

Ericha Windhiyana Pratiwi, “DAMPAK COVID-19 TERHADAP KEGIATAN PEMBELAJARAN ONLINE DI SEBUAH PERGURUAN TINGGI KRISTEN DI INDONESIA,” Perspekt. Ilmu Pendidik., vol. 34, no. 1, pp. 1–8, 2020, doi: 10.21009/pip.341.1.

B. Warsita, “MOBILE LEARNING SEBAGAI MODEL PEMBELAJARAN YANG EFEKTIF DAN INOVATIF,” J. Teknodik, vol. XIV, no. 1, pp. 62–73, 2010.

O. I. Handarini, S. S. Wulandari, and Program, “Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19 Oktafia,” J. Pendidik. Adm. Perkantoran, vol. 8, no. 3, pp. 496–503, 2020.

P. Wahyono, H. Husamah, and A. S. Budi, “Guru profesional di masa pandemi COVID-19: Review implementasi, tantangan, dan solusi pembelajaran daring Poncojari,” J. Pendidik. PROFESI GURU, vol. 1, no. 1, pp. 51–65, 2020.

Asmuni, “Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya,” Penelit. dan Pengemb. Pendidik., vol. 7, no. 4, pp. 281–288, 2020.

http://www.teropongtimur.co.id/2020/12/smk-nurul-jadid-mendapat-piagam-dimasa.html. Penyerahan piagam penghargaan yang bertempat di Grand Savero Hotel Bogor, selasa, pada 07/12/2020

Downloads

Published

2021-12-01

How to Cite

Rudi, R., & Septantiningtyas, N. (2021). EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMK NURUL JADID PAITON PROBOLINGGO. Tafáqquh: Jurnal Penelitian Dan Kajian Keislaman, 9(2), 295–318. https://doi.org/10.52431/tafaqquh.v9i2.606

Issue

Section

Article