Peran Filantropi Zakat Dalam Pengentasan Kemiskinan di Indonesia

Peran Filantropi Zakat Dalam Pengentasan Kemiskinan di Indonesia

Authors

  • Feri Irawan STAI NW Samawa

DOI:

https://doi.org/10.52431/tafaqquh.v7i2.215

Keywords:

Filantropi, Zakat, Kemiskinan

Abstract

Abstrak: Kemiskinan adalah masalah serius yang dihadapi oleh negara Indonesia, walaupun Banyak upaya telah dilakukan oleh pemerintah namun tingkat kemiskinannya masih sangat tinggi, dalam upaya pengentasan kemiskinan diperlukan sinergi filantropi zakat. Penelitian ini mendiskripsikan bagaimana kontribusi filantropi zakat dalam upaya pengentasan kemiskinan yang ada di Indonesia. Penelitian ini dilaksanakan dengan pendekatan kualitatif, dan pengumpulan data meggunakan teknik observasi non partisipasi dan dokumentasi. Penelitian ini menunjukkan bahwa filantropi zakat terhadap keluarga miskin baik yang berupa karitas maupun pemberdayaan, serta penyediaan sumber-sumber produksi mempunyai kontribusi terhadap peningkatan kesejahteraan umat di Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfitri, 2006, The Law of Zakat Management and Non-Governmental Zakat Collectors in Indonesia, dalam The International Journal of Not-for-Profit Law, Vol. 8, January.

Ali, Mohammad Daud, 1988, Sistem Ekonomi Islam Zakat dan Wakaf, Jakarta, UI Press.

Anonim, Agustus 2008, Mengapresiasi Bangkitnya Civil Society Dalam Pengelolaan Zakat di Indonesia, dalam Zakat &Empowering, Jurnal Pemikiran dan Gagasan, Vol. 1, No. 4.

Clark, Grace, 2001, Pakistan’s Zakat System: A Policy Model for Developing Countries as A Means of Redistributing Income to The Elderly Poor, The Haworth Press.

Daud, Ma’mur (Penterjemah), 1993, Terjemah Hadits Shahih Muslim Jilid I-VI, Jakarta: Widjaya.

Faridi, F. R, 1983, Theory of Fiscal Policy in An Islamic State, dalam J. Res. Islamic. Econ, Vol.1 No. 1.

Hafidhuddin, Didin, 2002, Zakat Dalam Perekonomian Modern, Jakarta: Gema Insani.

Hartoyo, Sri, 29 Juli 2010, Mengenal Pusat Zakat Umat Persis Garut dalam Iqtishodia, Jurnal Ekonomi Islam Republika.

Hasan, Riaz, 2006, Keragaman Iman, Studi Komparatif Masyarakat Muslim, Jakarta : PT. RajaGrafindo Persada.

Jahar, Asep Saefuddin, Agustus 2008, Zakat Antar Bangsa Muslim, Menimbang Posisi Realistis Pemerintah dan Organisasi Masyarakat Sipil dalam Zakat & Empowering, Jurnal Pemikiran dan Gagasan, Vol. 1, No. 4.

Kahf, Monzer, 1997, Potential Effects Of Zakah On Government Budget, dalam IIUM Journal of Economics & Management 5, No. 1.

Karim, Adiwarman, 2002, Ekonomi Islam Suatu Kajian Ekonomi Makro, Jakarta: The International Institute of Islamic Thought (IIIT Indonesia).

Mannan, M. Abdul, 1997, Teori dan Praktek Ekonomi Islam, Yogyakarta: PT. Dana Bhakti Prima Yasa.

Miftah, A. A., Pembaharuan Zakat Untuk Pengentasan Kemiskinan Di Indonesia, dalam Jurnal Innovatio, Vol. VII, No. 14, Juli-Desember 2008.

Mubariq, Ahmad, 2000, Zakat untuk Pengentasan Kemiskinan Beberapa Isu Kebijakan, dalam Eko Suprayitno, 2005, Ekonomi Islam Pendekatan Ekonomi Makro Islam dan Konvensional, Yogyakarta, Graha Ilmu.
Nasution, Mustafa Edwin, et al, 2006, Pengenalan Eksklusif Ekonomi Islam, Jakarta, Kencana. Norvadewi & Akhmad Nur Zaroni, 2009, Pendayagunaan Zakat Produktif di Lembaga Zakat dan Pengaruhnya terhadap Peningkatan Usaha Ekonomi Umat (Studi Komparatif di BAZ Propinsi Kaltim dan LAZ DPU Kaltim), Hasil Penelitian, Samarinda, P3M Stain Samarinda.

Qardawi, Yusuf, 1997, Norma dan Etika Ekonomi Islam, Jakarta, Gema Insani Press.

_______________, 2007, Hukum Zakat, Jakarta, Litera AntarNusa.

Razak, Nasruddin, 1973, Dienul Islam, Bandung, PT. Al Ma’arif.

Shihab, M. Quraish, 1994, Membumikan Al Qur’an, Fungsi dan Peran Wahyu Dalam Kehidupan Masyarakat, Bandung, Mizan.

Saidi, Zaim, dkk, 2006, Kedermawanan Untuk Keadilan Sosial, Jakarta: Piramedia
Sumadi, (Direktur LAZ DPU Kaltim), 2011, dalam Nurani, Mitra Peduli Untuk Berbagi. Majalah Bulanan LAZ DPU Kaltim (Media Informasi Donatur).

_____________, Dari MUNAS FOZ Untuk Kesejahteraan Umat, dalam Majalah NURANI Edisi No. 24 Thn V/2012 , LAZ DPU Kaltim

Susamto, Akhmad Akbar, 2003, Zakah As Deductible For Taxable Income : A Macroeconomic Perspektive, dalam IQTISAD Journal of Islamic Economics, Vol. 4, No. 2.

Susetyo, Heru, Agustus 2008, Peran Negara dalam Pengelolaan Zakat : Perspektif Negara Kesejahteraan dan Praktek Negara-negara Tetangga, dalam Zakat & Empowering, Jurnal Pemikiran dan Gagasan, Vol. 1, No. 4.
Sairin, Sjafri, 2002, Perubahan Sosial Masyarakat Indonesia; Perspektif Antropologi, Jogjakarta: Pustaka Pelajar.

Soelaeman, Munandar, 1995, Ilmu Sosial Dasar.Jakarta: PT.Eresco

Taufiqullah, H.O, 2004, Zakat dan Pemberdayaan Ekonomi Umat, Bandung, BAZ Prov. Jabar.

The Pew Forum on Religion and Public Life, 2009, “Mapping the Global Muslim Population, A Report On The Size and Distribution of The World's Muslim Population”, viewed, Mei 2011.
Pirac, 2002, Investing in Our Selves ;Giving and Fund Raising In Indonesia. Phillipine: Asian Development Bank.
Zaman, S. M. Hasanuz, Januari 1993, Islamic Criteria For The Distribution Of Tax Burden (The Mix of Direct and Indirect Taxes and The Offsetting Fuction of Zakat), dalam Journal of Islamic Economics, Vol.3, No. 1.

Downloads

Published

2020-01-30

How to Cite

Irawan, F. (2020). Peran Filantropi Zakat Dalam Pengentasan Kemiskinan di Indonesia: Peran Filantropi Zakat Dalam Pengentasan Kemiskinan di Indonesia. Tafáqquh: Jurnal Penelitian Dan Kajian Keislaman, 7(2), 105–117. https://doi.org/10.52431/tafaqquh.v7i2.215

Issue

Section

Article