PERANAN BP4 DALAM UPAYA PEMBINAAN KELUARGA SAKINAH

Authors

  • A. Holik Institut Agama Islam Bani Fattah Jombang, Indonesia
  • Ahmad Sulthon Institut Agama Islam Bani Fattah Jombang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52431/minhaj.v1i1.278

Keywords:

BP4, Keluarga, Keluarga Sakinah

Abstract

Pembinaan keluarga sakinah berupa bimbingan konseling terhadap keluarga yang mendalami masalah di BP4, seharusnya dilaksanakan guna menciptakan keluarga sakinah dan menghindari perceraian khususnya serta memperbaiki penyelesaian perkara perkawinan di BP4 sebagai peningkatan fungsi BP4 sebagai lembaga Penasehatan Perkawinan.

Tingkat keberhasilan pembinaan keluarga sakinah yang ditunjukkan pada keberhasilan mendamaikan para klien, masih sangat minim dan kurang optimal. Kendala yang dihadapi dalam pembinaan keluarga sakinah antara lain berasal dari kemauan para klien yang kuat untuk bercerai, dan lembaga yang minim pendanaan .

Sebagai saran hasil dari penelitian antara lain yaitu: sebaiknya Kementerian Agama memberikan dana khusus untuk operasional lembaga BP4, memperbanyak ahli-ahli Koneselor dari berbagai bidang dan berkordinasi terhadap Pengadilan untuk mengarahkan ke BP4 dahulu sebelum diproses. Serta melakukan usaha untuk meningkatkan kesadaran masyarakat seperti sosialisasi tentang pentingnya meningkatkan kualitas perkawinan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-08-04

How to Cite

Holik, A., & Sulthon, A. (2020). PERANAN BP4 DALAM UPAYA PEMBINAAN KELUARGA SAKINAH. Minhaj: Jurnal Ilmu Syariah, 1(1), 52–69. https://doi.org/10.52431/minhaj.v1i1.278

Issue

Section

Articles