PENDAMPINGAN PENERAPAN METODE FAMI BISYAUQIN UNTUK MEMPERKUAT HAFALAN PADA SANTRI TAHFIDZ DI PONDOK PESANTREN PUTRI AL-FATHIMIYYAH

Authors

  • Dian Erwanto Institut Agama Islam Bani Fattah Jombang, Indonesia
  • Bintan Ainak Institut Agama Islam Bani Fattah Jombang, Indonesia
  • Faiqotun Najah Institut Agama Islam Bani Fattah Jombang, Indonesia
  • Miftahu Alfi Zahrotus Shiyami Institut Agama Islam Bani Fattah Jombang, Indonesia
  • Zakiyatun Nisa Institut Agama Islam Bani Fattah Jombang, Indonesia

Keywords:

Fami Bisyauqin, Memperkuat Hafalan, Santri Tahfidz, PPP. Al-Fathimiyyah

Abstract

Metode Fami Bisyauqin dilakukan agar seseorang sering berinteraksi dengan Al-Qur’an. Metode Fami Bisyauqin mempermudah seseorang dekat dengan Al-Qur’an. Dalam pelaksanaan metode Fami Bisyauqin bermula dari seorang pendamping yang mampu menjadikan suasana khataman menyenangkan. Metode Fami Bisyauqin memiliki tujuan sebagai berikut: 1. Tujuan  program ini untuk mengetahui penerapan metode Fami Bisyauqin dalam mengkhatamkan Al-Qur’an 2. Sebagai metode dalam meningkatkan kualitas hafalan yang sudah didapatkan 3. Sebagai motivator memperkuat hafalan Al-Qur’an. Khalayak sasaran kegiatan penerapan metode Fami Bisyauqin ini adalah santri-santri tahfidz di Pondok Pesantren Putri Al-Fathimiyyah. Metode pendekatan untuk pelaksanaan kegiatan pengabdian pada masyarakat ini meliputi metode klasikal. Metode pendekatan digunakan pada suatu kegiatan agar bisa membiasakan membaca Al-Qur’an dan memudahkan membaca secara tartil. Hasil respon kepuasan penerapan metode ini menunjukkan bahwa para santri menilai sangat bermanfaat.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-06-01

How to Cite

Erwanto, D., Ainak, B., Najah, F., Zahrotus Shiyami, M. A., & Nisa, Z. (2022). PENDAMPINGAN PENERAPAN METODE FAMI BISYAUQIN UNTUK MEMPERKUAT HAFALAN PADA SANTRI TAHFIDZ DI PONDOK PESANTREN PUTRI AL-FATHIMIYYAH. ABDIMASY: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 50–55. Retrieved from http://jurnal.iaibafa.ac.id/index.php/abdimasy/article/view/abdimasyjuni22_06

Issue

Section

Articles