NEPOTISME PROSES REKRUTMEN DAN SELEKSI TERHADAP KINERJA PENDIDIK

Authors

  • Ana Rizqiyah Institut Agama Islam Bani Fattah Jombang Indonesia
  • Illa Zahrohluthfita Institut Agama Islam Bani Fattah Jombang Indonesia

Keywords:

Proses Seleksi Rekrutmen, Kinerja Pendidik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pandangan dan penilaian nepotisme dalam proses rekrutmen dan seleksi, apakah nepotisme selalu merugikan atau dapat menguntungkan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan melalui pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah kinerja pendidik Madrasah Tsanawiyah Fattah Hasyim Bahrul 'Ulum Tambakberas Jombang tahun 2021. Data yang telah dikumpulkan melalui wawancara, observasi, data angket kemudian dianalisis menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja pendidik melalui proses rekrutmen dan seleksi, hal ini dapat dilihat melalui hasil observasi dan angket yang dilakukan bahwa nepotisme dapat berdampak positif jika mata pelajaran yang dipilih benar-benar memiliki kemampuan dan kapasitas yang baik. Nepotisme dapat bermanfaat jika memberikan atau membuat kinerja pendidik menjadi lebih baik. Nepotisme dikatakan menguntungkan karena dapat meningkatkan proses rekrutmen dan seleksi. Inilah potensi nepotisme. Untuk menjawab rumusan masalah, penelitian ini menggunakan uji analisis regresi linier berganda dan uji asumsi klasik dengan bantuan SPSS 22 for windows. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif dengan tipe regresi berganda, yang menggunakan teknik random sampling. Jumlah sampel adalah 20 pendidik.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-04-03

How to Cite

Rizqiyah, A., & Zahrohluthfita, I. (2022). NEPOTISME PROSES REKRUTMEN DAN SELEKSI TERHADAP KINERJA PENDIDIK. Manajeria: Jurnal Ilmu Manajemen Pendidikan, 1(1), 1–13. Retrieved from https://jurnal.iaibafa.ac.id/index.php/Manajeria/article/view/manajeria_april23_01

Issue

Section

Articles