Strategi Pembentukan Lingkungan Berbahasa dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara
Studi Kasus di PP Darus salam Blokagung Banyuwangi
Keywords:
الكلمات الأساسية: استراتيجيات تكوين البيئة اللغوية، البيئة العربية، مهارة الكلامAbstract
Abstrak
Dalam pembelajaran bahasa, keterampilan bahasa dibagi menjadi empat bagian: mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis. Bushra percaya bahwa untuk mengembangkan empat keterampilan bahasa siswa, mereka membutuhkan lingkungan bahasa Arab yang membantu mereka. Lingkungan memiliki efek yang kuat pada penguasaan bahasa, dan keterampilan berbicara membutuhkan lingkungan untuk memperoleh dan menerapkan pidato dalam bahasa Arab. Pondok Pesantren Darul Lughah Al-Arabiyah Yayasan Darus Salam Blokagung Banyuwangi termasuk salah satu lembaga yang menerapkan lingkungan bahasa Arab. keterampilan Pondok Pesantren Darul Lughah Al-Arabiyah Yayasan Darus Salam Blokagung Banyuwangi Untuk mengetahui strategi pembentukan lingkungan kebahasaan dalam mengembangkan keterampilan berbicara dan apa yang menjadi faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pembentukan lingkungan kebahasaan di Pondok Pesantren Darul Lughah Al-Arabiyah Yayasan Darus Salam Blokagung Banyuwangi Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan strategi studi kasus. Pengumpulan data melalui metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Strategi pembentukan lingkungan bahasa di Pondok Pesantren Darul Lughah Al-Arabiyah Yayasan Darus Salam Blokagung Banyuwangi yaitu: adanya Penggerak bahasa, kegiatan pengembangan bahasa arab, penulisan kosa kata bahasa arab semua tempat. factor pendukung, peneliti menemukan beberapa faktor sebagai berikut: penggunaan bahasa arab, adanya buku khusus untuk referensi pembelajaran, adanya jurusan bahasa, adanya disiplin dan hukuman karena menggunakan bahasa Arab, pelaksanaan proses belajar mengajar dalam keadaan bahagia. Faktor penghambat dari lingkungan bahasa Arab yang mempengaruhi keterampilan berbicara adalah kurangnya buku referensi untuk pengajaran bahasa Arab.